Hasil Rekap RMI: Jokowi-JK Menang di Basis Muhammadiyah

Jokowi di Pasar Papar KediriJAKARTA – Relawan Matahari Indonesia (RMI) melakukan rekapitulasi suara di 4.144 tempat pemungutan suara (TPS) di 23 provinsi Indonesia dengan total suara 1.119.230. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 573.457 suara (48 persen), sedangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapat 623.645 (52 persen).

“Ini murni pemantauan, bukan survei maupun penelitian. RMI menempatkan relawannya untuk memantau TPS khususnya yang ada basis warga Muhammadiyah,” kata anggota tim pemantau Pilpres RMI, Satia Chandra Wiguna dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/7/2014).

Tujuan pemantauan selain untuk mengawal suara Jokowi-JK juga dilakukan untuk mengevaluasi kinerja RMI.

“Kami ingin mengetahui seberapa besar dukungan warga Muhammadiyah ke Jokowi JK. Perkiraan awal kami bisa meraih dukungan hingga 60%, tapi hasilnya ternyata 52%, dan ini tidak terlalu jauh dari hasil quick count yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei,” sambung Chandra.

Koordinator Nasional RMI M Izzul Muslimin mengatakan hasil pemantauan yang dilakukan RMI menunjukkan bahwa penggunaan isu SARA untuk menjatuhkan Jokowi ternyata tidak berhasil.

Warga Muhammadiyah cukup cerdas untuk memilah informasi sehingga tidak mudah terpengaruh. Apalagi setelah Buya Ahmad Syafii Maarif secara tegas mendukung Jokowi, banyak warga Muhammadiyah yang semakin mantap memilih Jokowi.

“Nggak mungkinlah orang yang dituduh merugikan umat Islam justru malah didukung Buya Syafii Maarif,” kata Izzul. Detik