Hasil Gotong Royong Caleg, Dana Kampanye PDIP Bertambah Rp 11 M

JAKARTA – PDI Perjuangan menyerahkan Laporan Penerima Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (2/1/2019).

Penyerahan dilakukan langsung oleh Bendahara Umum PDI Perjuangan Olly Dondokambey yang didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Dalam LPSDK, dana kampanye PDI Perjuangan bertambah sebesar Rp 11 miliar. Menurut Olly, penambahan tersebut membuat total dana kampanye partainya menjadi sekitar Rp 118 miliar.

“Kali ini setelah berjalan beberapa bulan, kemudian kami ketambahan Rp 11 miliar lebih, sehingga total dana kampanye kita total Rp 118 miliar,” kata Olly, sambil menyebutkan, penambahan sebesar Rp 11 miliar itu bersumber dari gotong royong para caleg PDI Perjuangan.

Saat melaporkan Laporan Dana Awal Kampanye (LDAK) ke KPU pada Minggu (23/8/2018) lalu, dana awal kampanye PDIP sebesar Rp 105 miliar. Dari jumlah dana awal tersebut, sebesar Rp 103 miliar merupakan sumbangan para caleg, dan sisanya bersumber dari partai.

Dia menambahkan, DPIP belum menerima sumbangan dana kampanye dari pihak ketiga, seperti perseorangan maupun perusahaan.

“Masih murni penambahan ini dari pengeluaran para caleg-caleg selama 3 bulan ini, sehingga total kami Rp 118 miliar itu masih murni pengeluaran dari caleg, dari pihak ketiga masuk ke partai belum ada,” kata dia.

Olly memprediksi, sumbangan dari pihak perorangan akan masuk pada Februari mendatang. Dia pun memastikan, dana kampanye yang sudah ada saat ini cukup untuk semua pembiayaan dalam pemilu 2019 termasuk untuk pembiayaan terhadap saksi. (goek)