Hari Ini Sekolah Calon Kepala Daerah Dimulai

pdip jatim - Hasto saat di Kota Batu

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) saat di Kota Batu

JAKARTA – PDI Perjuangan memulai Sekolah Calon Kepala Daerah, Minggu (28/6/2015) hari ini. Angkatan pertama sekolah partai ini akan diikuti 137 peserta terdiri dari calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, program sekolah partai dilaksanakan dalam rangka persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015 depan.

“Angkatan pertama akan diikuti 137 peserta, yaitu para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang sudah mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Peserta berasal dari 25 provinsi dan 99 kabupaten/kota,” kata Hasto Kristiyanto di Jakarta, Sabtu (27/6/2015).

Pilkada, sebut Hasto, merupakan momentum konsolidasi. Dan sekolah partai yang pembukaannya digelar di Lenteng Agung, Jakarta Selatan itu, jelas dia, untuk memperkuat komitmen kerakyatan agar pemerintah daerah menjadi agen perubahan mewujudkan pemerintahan yang menyelesaikan masalah pokok rakyat.

Sekolah bagi calon kepala daerah itu, tambah Hasto. juga disiapkan secara khusus untuk membangun tradisi pemerintahan yang membumikan Pancasila, agar Indonesia semakin berdaulat, berdikari, dan berkepribadian.

Dia menambahkan, kurikulum sekolah partai sudah disusun, mencakup aspek pemerintahan pro rakyat yang menyelesaikan masalah rakyat dengan cara gotong royong, politik legislasi dan anggaran. Juga soal strategi membangun pemerintahan yang efektif, pemerintahan yang bebas dari korupsi, dan hal-hal berkaitan dengan strategi pemenangan pemilu.

Ke depan, sekolah calon kepala daerah ini akan dipusatkan di Daerah Istimewa Yogyakarta. “Sekolah calon kepala daerah merupakan pilar penting untuk mewujudkan wajah politik yang membangun peradaban, berpihak pada rakyat marhaen, dan mewujudkan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945,” pungkasnya. (goek/*)