Hari ini Risma-Whisnu Psikotes di RSU Dr Soetomo

pdip jatim - whisnu - rismaSURABAYA – Pasangan bakal calon wali kota – wakil wali kota Surabaya Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana menjalani tahapan tes kesehatan di Graha Amerta RSU Dr Soetomo Surabaya, Selasa (28/7/2015). Selain Risma-Whisnu, tes kesehatan juga diikuti pasangan calon dari daerah lain di Jawa Timur.

Pemeriksaan kesehatan berlangsung di ruang 135 lantai satu Graha Amerta. Di ruang pemeriksaan, pasangan yang diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Kota Surabaya itu diambil darah, urine, melakukan treadmill untuk pemeriksaan jantung, USG dan lainnya.

“Lihat, saya sudah diambil darahnya. Tadi saya juga sudah diperiksa. Semua sehat,” kata Risma sambil menunjukkan kapas yang masih menempel di jarinya, sambil berjalan ke ruang pemeriksaan kesehatan yang lain.

Sedang Whisnu Sakti mengaku, tidak ada persiapan dalam menjalani tes kesehatan. Sebelum tes, dia hanya memperbanyak waktu istirahat.

“Tidak ada persiapan khusus. Cuma, kalau biasanya tidurnya pukul 02.00 WIB, tadi malam jam 24.00 WIB,” ujarnya.

Dia menyatakan tidak ada kendala dalam mengikuti serangkaian tes. Para dokter yang memeriksanya juga tak ada anjuran khusus. “Semua lancar. Saran dokter suruh banyak makan,” katanya.

Dari beberapa tahapan tes, menurut Whisnu, yang paling lama dijalani adalah “treadmill”, sekitar 10 menit.

Diketahui Risma datang lebih awal 30 menit dibanding jadwal yang sudah ditentukan pukul 08.00 WIB. Risma datang pukul 07.30 WIB mengenakan pakaian batik merah dengan celana kain warna hitam. Sedang Whisnu Sakti datang 10 menit kemudian sekitar 07.40 WIB.

Ketua Bapilu PDI Perjuangan Kota Surabaya, Adi Sutarwijono optimistis pasangan Risma-Whisnua lulus tahapan tes kesehatan sebagai salah satu syarat sebelum penentuan sebagai peserta pilkada.

“Kami optimistis pasangan kami lulus tes kesehatan secara menyeluruh baik jasmani maupun rohani,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Khusus RSU Dr. Soetomo Dr. Edi Suyanto, mengatakan pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya diikuti Cawali-Cawawali Surabaya. “Ada 11 pasangan calon yang mengikuti tes kesehatan. Mereka berasal dari Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Tuban, Lamongan, Gresik, Sumenep, Kota Pasuruan dan Kota Surabaya,” katanya.

Sesuai tahapan, lanjut dia, pemeriksaan fisik bagi Calon Kepala Daerah dan Wakilnya di RSU Dr Soetomo Surabaya dilaksanakan pada Selasa, sedangkan tes kejiwaan pada Rabu (29/7/2015). (goek)