oleh

Hari Batik Nasional, Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Masker

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat memakai masker bermotif batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini. Sebab, pandemi Covid-19 bukan lah sebuah halangan untuk merayakan budaya Indonesia.

“Pandemi bukanlah penghalang untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Oktober. Warisan budaya dunia dari negara kita ini bisa juga menjadi motif masker,” tulis Jokowi lewat laman Instagramnya @ jokowi, Jumat (2/10/2020).

Dengan menjadikan motif batik sebagai masker, masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 sekaligus melestarikan budaya.

Bersama tulisan itu, Jokowi mengunggah sebuah video singkat yang menunjukkan beragam motif masker batik. “Ayo, masker batik mana yang pas dan Anda suka?” tulis Jokowi.

Pada 2 Oktober 2009 atau 11 tahun yang lalu, batik ditetapkan sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi.

Penetapan itu merupakan yang ketiga kalinya bagi Indonesia setelah keris dan wayang yang terlebih dahulu masuk daftar ICH UNESCO. Sejak penetapan tersebut, maka Indonesia pun memperingati 2 Oktober sebagai hari batik nasional. (kompas)

rekening gotong royong