Hadiri Dukungan Institut Lembang Sembilan, Ma’ruf: Jokowi Telah Bangun “Tol Langit”

JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin memuji pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan di pemerintahan Jokowi.

Menurut Ma’ruf, Jokowi tidak hanya membangun infrastruktur di darat dan laut, tapi juga di langit. Dia menyebutnya dengan istilah “tol langit”.

“Yang luar biasa lagi kita sudah memiliki investasi infrastruktur yang hebat. Tidak saja tol darat, tol laut, tol udara, tetapi saya sebutnya juga tol langit. Yaitu namanya yang kita gunakan untuk digital,” ujar Ma’ruf di hadapan relawan Gerakan Indonesia Maju yang dibentuk Institut Lembang Sembilan di Hotel Aryaduta, Minggu (24/2/2019).

Ma’ruf mengatakan infrastruktur digital itu membantu melahirkan perusahaan-perusahaan unicorn baru. Sebab infrastruktur ini dibuat demi jaringan telekomunikasi dan internet yang berkualitas.

“Insya Allah ke depan lahir juga perusahaan startup-startup yang tumbuh karena digitalisasi tersedia infrastrukturnya. Nantinya lahir lagi unicorn yang baru di Indonesia,” kata dia.

Adapun, istilah unicorn sering digunakan untuk mengategorikan perusahaan rintisan atau startup dengan valuasi 1 miliar dollar AS.

Dengan valuasi yang cukup besar itu, ada empat perusahaan rintisan Indonesia yang dianggap sebagai unicorn, yakni Bukalapak, Traveloka, Tokopedia, dan Go-Jek.

Di acara itu, Institut Lembang Sembilan menegaskan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Relawan yang dibentuk sejak Pilpres 2004 untuk mendukung Jusuf Kalla ini ingin mengulang kesuksesan pada pilpres sebelumnya.

“Insya Allah kami akan melakukan seperti masa 2014 dan 2014 lalu,” ujar Ketua Umum Institut Lembang Sembilan, Alwi Hamu.

Institut Lembang Sembilan didirikan untuk mendukung Jusuf Kalla maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2004. Pada akhirnya, JK menjadi cawapres bersama dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada saat itu.

Sementara itu pada Pilpres 2009, Institut Lembang Sembilan mendukung JK yang maju bersama Wiranto. Namun JK dan Wiranto kalah dengan SBY dan Boediono pada kontestasi itu.

Institut Lembang Sembilan kembali mendukung JK ketika maju sebagai cawapres bersama Joko Widodo pada Pilpres 2014.

Kini, Institut Lembang Sembilan ingin mengulang kesuksesan di Pilpres 2004 dan 2014. Organisasi itu membentuk kelompok relawan Gerakan Indonesia Maju untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

Alwi mengatakan kelompok relawan ini akan bekerja di seluruh Indonesia. Namun daerah yang menjadi fokus Institut Lembang Sembilan adalah Provinsi Jawa Barat.

“Saya teringat 2014 lalu karena waktu itu terus terang kita agak sedikit rendah di Jawa Barat. Saya terkejut melihat hasil di Jawa Barat,” kata Alwi.

“Saya harap apa yang telah teman-teman lakukan diteruskan ditingkatkan. Saya minta supaya Jawa Barat ya,” tambah dia.

Ma’ruf Amin mengatakan kelompok Gerakan Indonesia Maju di bawah koordinasi Institut Lembang Sembilan ini salah satu kelompok relawan yang potensial.

“Karena punya pengalaman lama, punya cara lama, punya kiat-kiat yang lama yang sudah berhasil memenangkan Pak Jokowi dan Pak JK,” kata Ma’ruf. (goek)