Hadir di Teuku Umar, Emil Dardak: Saya Dapat Amanah dari Ibu Mega

JAKARTA – Sejumlah kepala daerah berkumpul di kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, kemarin.

Pengumpulan kepala daerah ini terkait pengumuman pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Minggu (15/10/2017) hari ini.

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak menjadi salah satu kepala daerah yang dipanggil Megawati Soekarnoputri.

Selain Emil, sejumlah kepala daerah yang dipanggil Megawati adalah Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Bupati Ngawi Budi Sulistiono, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Usai bertemu Megawati, Emil mengaku mendapat amanat untuk ikut membangun Provinsi Jawa Timur.

“Ibu Mega punya harapan-harapan besar. Mungkin kami kepala daerah yang ada di wilayah selatan perlu mengingat bahwa Ibu Mega yang dulu menginisiasi pembangunan jalan lintas selatan,” kata Emil.

Soal Pilgub Jatim, menurut Emil, Megawati tidak menyebut secara spesifik siapa yang akan ditunjuk untuk maju dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim.

Menurut Emil, Presiden kelima RI itu berpesan agar ke depannya, pembangunan di Jatim jangan sampai meninggalkan pemerataan di wilayah selatan.

“Ibu Mega memperhatikan salah satunya soal lingkungan hidup, karena di selatan ini adalah paru-paru Pulau Jawa. Salah satunya program hutan kota di Trenggalek,” ujarnya.

Dia menyebutkan, selama ini sejumlah kepala daerah di Jatim memang bekerja sama secara aktif mendorong pembangunan di Jatim. Misalnya, pembangunan tol laut dan pembangunan kawasan Selingkar Wilis.

“Saya rasa, tanggung jawab saya selesai dengan menyampaikan apa yang sudah dilakukan di lapangan dan menerima amanah Ibu Mega. Saya doakan Pilgub Jatim akan hasilkan pemimpin terbaik untuk menjawab tantangan ekonomi global,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sedianya juga menghadiri pertemuan. Namun kader PDIP ini masih berada di Tokyo untuk menerima penghargaan atas prestasi dan kinerja di Surabaya.

Rencananya, Megawati dan Risma akan berkomunikasi melalui telekonferensi. Untuk persiapan telekonferensi itu, Fuad Bernardi, anak kandung Tri Rismaharini kemarin menyambangi kediaman Megawati Soekarnoputri.

Fuad tiba di kediaman Mega sekitar pukul 14.20 WIB. Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto lebih dulu menunggu di depan kediaman Mega untuk menyambut kedatangan Fuad.

Tak seperti tamu-tamu lainnya yang menggunakan mobil, Fuad yang mengenakan kemeja hitam dan tas ransel terlihat menggunakan ojek online.

Hasto mengatakan, kedatangan Fuad tersebut untuk membantu proses telekonferensi Megawati dengan Risma yang saat ini sedang berada di Tokyo, Jepang.

“Nama saya Fuad, saya juga kader partai. Saya diminta Pak Sekjen untuk membantu telekonferensi Bu Mega dengan Ibu saya nanti,” ujar Fuad, kepada wartawan. (goek)