Hadapi Pilkada Serentak, PDI Perjuangan Gembleng Tim Kampanye

pdip jatim - pelatihan tim kampanye pilkadaJAKARTA – Menghadapi pilkada serentak yang dilaksanakan Desember 2015 depan, PDI Perjuangan serius menyiapkan pasukan tempur untuk memenangkan kepala daerah di wilayah masing-masing. Keseriusan itu ditunjukkan dengan memberikan pembekalan khusus pada para kader yang akan memimpin pemenangan pemilu di daerah nanti.

Pembekalan pemenangan pemilu yang dibuka Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri diselenggarakan di Cimanggis, Depok selama 5 hari sejak 22 Mei lalu dan berakhir Selasa (26/5/2015).

Pembekalan yang dikemas dalam bentuk pelatihan kader ini diikuti oleh 269 utusan perwakilan DPC dan 9 utusan dari DPD se Indonesia yang mengikuti pilkada tahun ini.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan Bambang DH menyampaikan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk lebih memantapkan persiapan dalam menghadapi pemilu nanti. “Mereka ini kan sudah cukup berpengalaman, namun kita perlu pemutakhiran pengetahuan pemilu untuk menyesuaikan dengan situasi kekinian. Jadi kita bekali agar makin mantap berjuangnya,” kata Bambang DH, semalam.

Dalam pelatihan ini peserta tidak hanya dibekali teori namun juga praktik simulasi dalam kelompok. “Menghadapi pemilu itu seperti prajurit yang mau perang, jadi fisik, mental, dan peresenjataan perangnya harus siap. Selain paham teori juga mesti paham teknis pelaksanaannya. Mereka nanti yang akan menularkan ilmunya pada teman-temannya di daerah,” tambah politisi yang juga anggta DPRD Provinsi Jawa Timur itu.

Pelatihan ini juga mendapat respon cukup baik dari peserta. Seperti diungkapkan Didik Prasetyono, utusan dari DPC Surabaya, menurutnya ilmu yang didapat dari pelatihan ini sangat luar biasa. “Kami dapat ilmu langsung dari pakar-pakarnya. Sungguh lima hari yang membakar semangat. Semoga kami bisa memenangkan lagi pilkada Surabaya 2015,” ungkapnya.

Sebagai bentuk ungkapan kepuasannya, Didik dan beberapa peserta lain sepakat untuk menyerahkan dana hadiah kelompok yang diperoleh dari kerja kelompok selama pelatihan sebesar Rp 10 juta kepada beberpa petugas pelatihan seperti satgas, petugas kebersihan, dan pemain keyboard. “Kami ingin menghargai mereka. Suksesnya pelatihan ini juga atas andil para petugas itu,” kata Didik.

Sementara itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam pidato penutupannya menyampaikan bahwa PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu 2014 dan partai pemerintah harus menjadi yang  paling siap menangkan Pilkada. “Semua stake holder partai harus bergerak satu arah rebut pikiran dan hati rakyat. Berjuang bersama rakyat menangkan pemilu,” pungkasnya. (sa)