Hadapi Pemilu 2019, Ini Pesan Megawati untuk Kader PDIP

SURABAYA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan pesan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, bahwa perjuangan di Pemilu 2019 adalah perjuangan ideologis.

Pesan itu disampaikan Hasto ketika membuka rapat koordinasi (rakor) pemenangan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 yang digelar DPD PDIP Jawa Timur di Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Sabtu (16/3/2019).

“Ibu Mega mengingatkan bahwa perjuangan memenangkan Pileg dan Pilpres 2019 adalah perjuangan ideologis. Di Jawa Timur inilah berkumandang semangat hubbul wathan minal iman, dimana kekuatan nasionalis-relijius bersatu demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia berdasarkan Pancasila,” kata Hasto.

Megawati, sebut Hasto, juga mengingatkan para kader agar terus membangun semangat takkan pernah membiarkan bumi Pancasila diduduki dan diinjak oleh kekuatan Anti-Pancasila.

“Jangan pernah lelah. Terus bergerak gunakan energi positif gotong royong memastikan kemenangan Pak Jokowi-Ma’ruf Amin agar tegaklah Pancasila,” ujarnya.

“Ibu Megawati berpesan, sampaikan salamku, jangan pernah menyerah. Karena pemilu ini akan menentukan regenerasi menyeluruh tahun 2024 yang akan datang,” tambah dia.

“2019 adalah momen kita. Pada 2024, regenerasi menyeluruh terjadi. Untuk itu, Jawa Timur harus jadi benteng kesatupaduan kekuatan Nasionalis Soekarnois dan Nahdliyin, kekuatan yang dipadukan oleh pemimpin umaro dan ulama, nasionalis-relijius,” lanjut Hasto.

Menurutnya, politik itu berbicara masa depan bangsa. Indonesia adalah bangsa pelopor.

Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, optimisme menjadi energi kemajuan. Terbukti, prestasi olahraga maju, infrastruktur maju.

“Belum lagi persatuan nasional semakin kokoh dan hubungan pusat daerah mencapai kondisi terbaik karena kepemimpinan Pak Jokowi yang aspiratif dan menempatkan keseimbangan kemajuan antar wilayah,” jelas Hasto.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengingatkan agar mewaspadai berbagai upaya yang mencoba mengganggu konsolidasi Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

“Kader PDIP harus mengedepankan kerjasama dengan seluruh Partai Koalisi Indonesia Kerja. Percayalah dengan kerja sama tersebut, maka pemerintahan Pak Jokowi-KH Maruf Amin ke depan akan semakin kuat, karena besarnya dukungan rakyat dan DPR,” bebernya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi mengatakan, pihaknya terus bekerja menyiapkan perencanaaan sekaligus terus melaksanakan kerja-kerja pemenangan Pemilu 2019.

Dia memastikan, PDIP Jatim menempatkan upaya pemenangan Pilpres 2019 berada dalam satu tarikan napas dengan pemenangan Pemilu Legislatif 2019. “Kader PDIP bertekad memenangkan pileg dan pilpres di Jawa Timur. Bung Karno lahir dan besar di Jawa Timur. Kami juga terus perkuat kerja sama dengan keluarga besar Nahdliyin dan arah kemenangan Pak Jokowi makin kuat dengan target 70 persen,” ucap Kusnadi. (goek)