Gus Ipul Serahkan Berkas Formulir Cagub di PDIP Jatim

SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf jadi kandidat pertama yang menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon gubernur-calon wakil gubernur Jatim melalui PDI Perjuangan.

Salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang akrab disapa Gus Ipul ini menyerahkan berkas formulir pendaftaran sebagai calon gubernur ke kantor DPD PDI Perjuangan Jatim di Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Senin (3/7/2017).

Proses pengembalian formulir Gus Ipul ini dihadiri jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Jatim, seperti Ketua DPD Kusnadi, Sekretaris DPD Sri Untari, beberapa wakil ketua serta fungsionaris PDIP Jatim lainnya.

Sementara, Gus Ipul didampingi Ketua Bappilu DPW PKB Jatim Thoriqul Haq, Bendahara PKB Jatim Chusainuddin dan Wakil Ketua DPW PKB Jatim Musyafak Rouf. Seperti diketahui, PKB Jatim sudah menyampaikan secara terbuka untuk mengusung Gus Ipul sebagai cagub di Pilkada Jatim.

Baca: Untuk Bakal Cagub, PDIP Jatim Akan Kirim Nama Gus Ipul

“Saya mewakili Pak Halim (Ketua PKB Jatim Halim Iskandar) mengembalikan formulir ini. Kemarin daftar yang pertama, mengembalikan formulir juga yang pertama kali,” kata Gus Ipul.

Dia mengucapkan terima kasih karena sudah diterima dengan baik di PDIP. Pria yang menjabat Wagub Jatim di periode kedua ini berharap nantinya bisa bersama-sama dengan PDIP dalam Pilkada Jatim 2018.

Gus Ipul juga menyatakan siap menghormati apapun keputusan PDI Perjuangan. “Kita sengaja datang ke sini mendaftar dan ingin mendapatkan dukungan dari PDIP. Kita mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Selebihnya kita menghormati proses internal PDIP,” ujarnya.

Sedang Kusnadi mengungkapkan, dari enam nama bakal cagub-cawagub Jatim yang mengambil formulir melalui PDI Perjuangan, hingga saat ini hanya Gus Ipul yang mendaftar dan mengembalikan formulir sebagai calon gubernur.

Baca juga: Gus Ipul Daftar Cagub, Kusnadi Ambil Formulir Cawagub

Pendaftar lainnya, adalah Kusnadi, anggota DPRD Jawa Timur Suhandoyo, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, anggota DPR RI Said Abdullah, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Jadwal pengembalian formulir bagi bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung PDIP, terang Kusnadi, hingga 10 Juli 2017 depan.

Pihaknya siap membantu proses pencalonan Gus Ipul melalui PDI Perjuangan. “Kami bertekad membantu panjenengan sepenuhnya, supaya niat PKB, niat PDIP dan niat untuk menyejahterakan masyarakat Jawa Timur bisa tercapai,” ucap Kusnadi kepada Gus Ipul dan pendampingnya. (goek)