Gus Ipul-Puti Ucapkan Selamat Idul Fitri kepada Umat Muslim

SURABAYA – Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 kepada seluruh umat Muslim di Jawa Timur.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin,” kata Gus Ipul usai melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Agung Baitul Mukminin, Jombang, Jumat (15/6/2018).

Menurut Gus Ipul, ada dua pesan utama setiap memasuki Lebaran Hari Raya Idul Fitri. Pertama, menjaga terus semangat jihad Ramadan, dengan selalu menebar kebaikan dan melawan hawa nafsu.

“Bulan Ramadan telah kita lalui, namun jihad melawan hawa nafsu dan menebar kebaikan harus terus kita jaga,” kata Gus Ipul.

Yang kedua, tuturnya, pesan sosial. Yakni, kita telah diajarkan berbagi zakat serta sedekah. Berzakat dan bersedekah, ujar Gus Ipul, sama artinya membantu mengatasi kemiskinan.

“Prinsip sedekah, bagaimana kita merasa: kabeh sedulur, kabeh makmur. Itu yang harus kita jalankan terus khususnya setelah meninggalkan Ramadan,” ujar Gus Ipul.

Cicit KH Bisri Syansuri, salah satu pendiri NU itu, menyebut tradisi Idul Fitri di Indonesia yang diwarnai mudik ke kampung, saling bermaaf-maafan dengan keluarga, sahabat, teman-teman, adalah cerminan dari tingginya semangat persaudaraan di republik ini.

“Kita perkuat semangat persaudaraan, dengan menjaga persatuan dan kesatuan. Kita dorong kesejahteraan agar meningkat dan makin dirasakan rakyat Jawa Timur. Kabeh sedulur, kabeh makmur,” ucapnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur 2 periode itu, tadi pagi menunaikan Salat Idul Fitri bersama istrinya, Ny. Fatma, dan ketiga putranya. Kemudian dilanjutkan sungkem pada ibunya, Ny. Sholichah Hasbulloh, dan ibu mertuanya, orangtua Ny. Fatma.

Gus Ipul lahir dari keluarga santri di Pasuruan. Ayahnya, Ahmad Yusuf Cholil, keturunan buyut dari KH Bisri Syansuri, pendiri Pondok Pesantren Denanyar, Jombang.

Kiai Bisri juga dikenal ulama besar di masanya, serta pernah menjabat Rais Syuriah PBNU.

Sementara, pasangannya, Cawagub Puti Guntur Soekarno menyampaikan ucapan sama. “Kepada masyarakat Jawa Timur, saya sampaikan Selamat Idul Fitri. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin,” kata Puti.

Cucu Bung Karno itu menunaikan Salat Idul Fitri tadi pagi, bersama suami dan keluarga. Setelah itu, Puti melakukan sungkeman, memohon maaf dan doa, dari kedua orangtuanya, Guntur Soekarno Putra dan Ny. Henny Emilia Hendayani.

Puti juga sungkem ke ibu mertuanya, ibu Joy Kameron, suami Puti.

“Dengan Idul Fitri, kita perkuat semangat silaturahmi, dan tali persaudaraan. Kita perkuat semangat kebangsaan, spirit merah putih di Jawa Timur,” ujar Puti.

Pasangan kandidat Pilkada Jawa Timur, nomor 2 itu, juga menjadikan momen Idul Fitri untuk rehat dari aktivitas kampanye. Tanggal 17 Juni, mereka sudah terjadwal aktif lagi, bertemu warga masyarakat. (goek)