Gus Ipul-Mbak Puti Siapkan “1.000 Dewi”

KEDIRI – Pasangan cagub-cawagub Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno menyiapkan beberapa program kerja, khususnya mengenai desa dan potensi wisata di Jawa Timur.

Salah satu program itu adalah 1.000 Dewi, yaitu 1.000 desa wisata.

Program ini akan memperkuat potensi dan kemampuan warga kelompok sadar wisata (pokdarwis), agar semakin maju dalam memperkenalkan wisata desanya, mulai dari akses jalan hingga akomodasi yang memadai untuk wisatawan.

“Ada namanya 1.000 Dewi, yaitu 1.000 desa wisata. Ini program Gus Ipul dan saya untuk meningkatkan potensi dan kemampuan warga dalam meningkatkan kelompok sadar wisata guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. Baik perbaikan akses jalan maupun akomodasi,” kata Puti, Sabtu (10/2/2018).

Puti lantas mencontohkan daerah wisata seperti Gunung Kelud di Kediri.

Setelah seharian menyasar wilayah Nganjuk, Puti tiba di Kabupaten Kediri, Jumat (9/2/2018) malam.

Di Kediri, Puti menyempatkan diri menginap di rumah warga di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar.

Di rumah tempat Puti bermalam,Puti menyempatkan diri berbincang dengan warga sekitar lereng Gunung Kelud terkait potensi wisata, ekonomi, dan kehidupan sehari-hari warga.

Dia juga berkeinginan bertemu dengan sejumlah pemuda dan warga desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar, atau yang biasa dikenal dengan warga lereng Kelud agar dapat menyerap aspirasi dan keinginan warga.

Karena di lereng Kelud, selain wisata, buah nanas menjadi salah satu komoditas unggulan warga.

Menurut Puti, nantinya melalui buah nanas, warga dapat mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih bervariatif dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Harapannya selain wisata, warga juga dapat melakukan pengolahan yang lebih variatif untuk nanas sebagai komoditas unggul warga lereng Kelud agar lebih memiliki nilai ekonomis lebih tinggi,” kata cucu Presiden Pertama RI Soekarno ini.

Salah satu warga Siti Rukmana (45) mengungkapkan harapan dan keinginannya jika nanti Puti terpilih menjadi Wagub Jawa Timur.

Siti berharap Puti dapat segera membantu membangun dan mewujudkan akses jalan menuju lokasi kawah Gunung Kelud yang hingga kini masih rusak dan belum dapat dilalui kendaraan pribadi

“Saya harap, Mbak Puti kalau menjadi Wakil Gubernur Jatim nantinya dapat segera mewujudkan pembangunan akses jalan dan akomodasi wisata Kelud,” ucapnya.

Kedatangan Puti ini merupakan kunjungan safari politiknya untuk lebih mengenalkan dirinya kepada masyarakat, sekaligus untuk lebih mengenal dan mendengarkan aspirasi masyarakat Jawa Timur. (goek)