Gus Ipul – Mbak Puti Jalani Tes Kesehatan

SURABAYA – Setelah ziarah ke makam kakek kandungnya, Bung Karno, di Kota Blitar, Kamis (11/1/2018) malam, bakal calon wakil gubernur Puti Guntur Soekarno kembali menjalani tes kesehatan terkait pencalonannya di Pilgub Jatim 2018.

Tes kesehatan tahap kedua meliputi fisik dan tes narkotika yang dilaksanakan di Graha Amerta RSU Dr Soetomo Surabaya pada Jumat (12/1/2018) ini juga diikuti bakal calon gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gus Ipul datang paling awal ketimbang calon yang lain, sekitar pukul 07.06 WIB. Menurutnya, dia baru tiba di Surabaya pukul 02.00 WIB dini hari tadi, sehabis menghadiri acara di Lamongan.

Sementara, Puti yang mengenakan setelan dan kerudung merah tiba di Graha Amerta pukul 08.15 WIB. Dia didampingi Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno.

“Tidur masih kurang sih karena semalam juga dari Blitar, tapi yang penting kan kualitas istirahatmya,” kata Puti.

Sama seperti Gus Ipul, untuk menghadapi tes kesehatan hari ini, Puti sudah puasa sejak pukul delapan malam tadi. Di hari pertama kemarin, Gus Ipul dan Mbak Puti menjalani tes psikiatri.

Cucu pertama Presiden pertama RI Ir Soekarno ini mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menjalani tes kesehatan karena dia merasa sudah terbiasa menjaga stamina dan kesehatan.

“Menjaga stamina dan kesehatan kan tidak hanya saat maju pilkada. Saya selalu berolahraga dan menjaga stamina, bahkan kadang diet,” ucapnya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari mengatakan, tes kesehatan merupakan tahapan yang harus diikuti pasangan calon ini setelah mendaftar di KPU Jatim.

“Kemarin tahap pertama berjalan lancar, dan sekarang pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti menjalani tes kesehatan tahap kedua, yang insya Allah juga akan berjalan lancar,” jelas Untari.

Sambil menjalani tahapan berikutnya, kata Untari, dijadwalkan Puti akan bersafari keliling Jawa Timur.

“Setelah ini kita jadwalkan silaturahmi ke internal partai dan elemen-elemen kepartaian yang kita punya. Juga ke saudara-saudara kita di partai lain yang juga mengusung pasangan ini,” ujar perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini.

Sementara itu, Kepala Badan Layanan Umum RSU dr Soetomo Surabaya Harsono mengatakan, tes kesehatan fisik terhadap pasangan bakal cagub dan cawagub Jatim melibatkan sekitar 80 dokter ahli dari berbagai poli. Mulai dari mata, jantung, kesehatan gigi dan mulut, hingga telinga hidung tenggorokan.

Untuk menjalani tes kesehatan fisik, para pasangan bakal calon diwajibkan berpuasa sejak malam sebelumnya. (goek)