Gus Ipul Daftar Cagub, Kusnadi Ambil Formulir Cawagub

SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi pendaftar pertama bakal calon gubernur melalui PDI Perjuangan, Kamis (1/6/2017).

Di hari pertama tahapan pendaftaran yang bertepatan dengan hari lahir Pancasila ini, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi menjadi pendaftar kedua. Kusnadi mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon wakil gubernur.

Saat mengambil formulir pendaftaran, Gus Ipul didampingi pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim, sebagai partai pengusung pertama.

Mereka mengambil formulir pendaftaran di kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, sebelum waktu buka puasa Ramadan.

Kusnadi mengatakan, sesuai mekanisme di partainya, semua nama pendaftar akan melalui beberapa tahapan, seperti fit and proper tes, dan wawancara. Hasilnya kemudian diserahkan ke DPP PDI Perjuangan di Jakarta.

“DPP PDI Perjuangan yang berhak menentukan siapa pasangan calon yang akan diusung dalam Pilgub Jatim 2018,” kata Kusnadi.

Pria yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini mengatakan, tanggal 1 Juni kali ini menjadi hari istimewa bagi PDI Perjuangan. Sebab, selain bertepatan dengan bulan Ramadan, juga menjadi peringatan hari lahir Pancasila.

Dia mengungkapkan, partai-partai di Jatim sudah melakukan penjajakan dan survei, dan hasilnya ada satu tokoh yang layak sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim 2018.

Tokoh yang dimaksud Kusnadi, adalah Gus Ipul sendiri. “Masak ya jadi wakil terus. Pilihannya maju terus atau mundur? Ternyata maju terus. Maka kemudian kita akan membantu terus maju, pantang mundur,” tegasnya.

Proses pendaftaran bakal cagub dan cawagub dibuka hingga 14 Juni. Sementara pengembalian formulir dimulai sejak 15 Juni hingga 30 Juni mendatang.

Gus Ipul mengaku memilih mendaftar tepat pada hari lahir Pancasila dengan harapan semangat gotong royong yang dibawa Pancasila tercermin dalam Pilkada Jatim 2018.

“Saya ingin bersama PDI-P dan partai lainnya bersama-sama membangun Jawa Timur,” ujar Gus Ipul.

Sedang Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar (Gus Halim)  menegaskan, partainya telah resmi mengusung Gus Ipul, sebagai satu-satunya calon dari PKB.

“Menindaklanjuti perintah kiai dan organiasasi, saya mengajak Gus Ipul sowan ke PDIP, mohon dukungan dan kerja samanya. Dan mohon PDIP mendampingi Gus Ipul,” harap Gus Halim.

Agar Pilgub Jawa Timur segera tuntas, tambahnya, salah satu kuncinya ada di tangan PDIP sebagai pemilik 19 kursi di DPRD Provinsi Jatim. PKB sendiri memiliki 20 kursi di DPRD Jatim

“Mohon wakilnya (cawagub) dari PDIP, supaya Jawa Timur selesai. Jawa Timur tampil beda dan ini kuncinya ada di PDIP,” ujar Gus Halim.

Dia pun berharap Pilgub Jatim akan selesai dengan musyawarah mufakat. “Semua tahu, kekuatan politik di Jawa Timur itu PKB dan PDIP. Hari ini kita bersama-sama, dan akan mengajak partai-partai lain bergabung,” ucapnya. (goek)