Gus Ipul-Azwar Anas Dinilai Pas Pimpin Jatim

JAKARTA – PDI Perjuangan resmi mengusung pasangan Saifullah Yusuf- Abdullah Azwar Anas dalam Pilkada Jatim 2018, Minggu (15/10/2017). Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul dan Anas dinilai paling pas untuk memimpin Jatim ke depan.

Menurut Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dalam menentukan pasangan calon (paslon), PDI Perjuangan tidak berdasar politik praktis.

“Bukan asal ada nama. Titik tolak utama mencari yang bisa dipasangkan dan menjalankan pemerintahan sebagai pemimpin yang baik,” kata Megawati.

Megawati menyebutkan, Gus Ipul yang sekarang masih menjabat Wagub Jatim merupakan sosok yang telah lama dikenalnya, yakni sejak 1999. Saat itu, Megawati menjadi Wapres RI mendampingi KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang menjabat Presiden RI.

Saat itu, kata Megawati, Gus Dur menitipkan Gus Ipul untuk menjadi anak angkatnya. “Jadi sama Gus Dur, kenapa saya sudah kenalnya lama banget, dia ini dijadiin anak angkat saya,” tuturnya.

Sedang Azwar Anas, Megawati memandang Bupati Banyuwangi ini sebagai pemimpin muda yang bebakat. Dia menyebut Anas sebagai wakil dari generasi milenial.

“Milih yang anaknya itu ya lincah, terus saya dengar dia ini adalah generasi milenial,” ucapnya.

Megawati membanggakan Anas yang pernah jadi anggota MPR-RI termuda. Dia juga menyoroti Banyuwangi yang berkembang di bawah kepemimpinan Anas.

Lebih lanjut Megawati menjelaskan, dalam mencari paslon tidak bisa sembarangan. Selain melakukan pendalaman secara internal, PDIP juga mencari informasi secara eksternal. Tujuannya jelas, mencari pemimpin yang mumpuni untuk wilayah masing-masing.

“Mumpuni itu hampir sempurna. Harus bisa mengayomi rakyat. Memuaskan rakyat. Bukan diri sendiri,” terangnya.

Jika paslon dari PDIP untuk pilkada menang, dia memastikan tidak menuntut apa-apa. Megawati menegaskan hanya minta satu hal, jadi pemimpin daerah yang baik.

Terpilihnya Gus Ipul dan Azwar Anas sebenarnya bukan hal yang mengagetkan. Sebab, dari berbagai hasil survei di Jatim, nama mereka kerap diunggulkan menjadi paslon.

Dalam pilkada Jawa Timur, nama Gus Ipul telah dijagokan sejak lama. Ketua Umum GP Ansor dua periode hingga 2010 ini disebut telah mendapat dukungan dari para kiai di Jawa Timur. (goek)