Gus Ipul-Anas Optimis Menangkan Pilkada Jatim Satu Putaran

SURABAYA – Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdullah Azwar Anas optimistis akan memenangkan Pilgub Jatim hanya dalam satu putaran saja.

“Ya Insya Allah kita optimis bisa satu putaran karena rakyat sekarang rasional. Saya sampaikan sudah waktunya bekerja secara terukur karena pencitraan sudah berakhir. Rakyat akan melihat apa yang sedang dikerjakan oleh figur itu,” kata Anas, Senin (13/11/2017).

Bupati Banyuwangi yang menjadi pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam Pilkada Jatim 2018 ini menyampaikan keyakinannya temtu dengan alasannya. Dia menegaskan, koalisi partai yang mengusungnya merupakan dua partai pemenang pemilu di Jatim.

Sampai sekarang pihaknya juga sedang melakukan konsolidasi politik untuk memastikan semua mesin pemenangan bekerja dengan baik, khususnya dari PDI Perjuangan.

“Ada yang masuk ke wilayah pemilih perempuan dengan menggerakkan tokoh-tokoh perempuan dan keluarga di desa-desa. Lalu ada yang ke pemilih pemula, dan sebagainya,” ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, masih ada partai politik lain yang ingin bergabung mengusungnya di Pilkada Jatim.

“Insya Allah ada lagi yang bergabung karena sebenarnya satu visi untuk mengembangkan daerah,” ujarnya.

Selain itu, bersama Gus Ipul, sampai sekarang juga terus berkomunikasi dengan partai politik lainnya.

Sementara itu, saat di Pantai Kenjeran Surabaya, Selasa (14/11/2017), Gus Ipul minta seluruh relawan yang ada di berbagai daerah taat aturan dan tidak membebani masyarakat.

Relawan harus bisa bekerja dengan sukarela, tanpa harus meminta-minta kepada masyarakat apalagi sampai melanggar aturan.

“Bertindaklah sesuai ketentuan yang ada. Jangan membebani masyarakat jangan membebanni publik dengan macam-macam urusan. Namanya relawan, ya rela untuk melakukan sesuatu dengan sukarela,” katanya.

Dia mengakui, saat ini mulai banyak relawan yang didirikan secara spontan di daerah. Bahkan ada beberapa relawan yang terbentuk dan memiliki jaringan pengurus mulai dari tingkat provinsi hingga ke kecamatan dan desa-desa di Jawa Timur.

“Saya terima kasih banyak kelompok masyarakat yang membikin komunitas untuk membantu memenangkan saya dan Mas Anas. Ada yang namanya Jatim Puas, juga ada Giras ada macam-macam namanya,” ucap Wagub Jatim ini.

Untuk kerja pemenangan, PDI Perjuangan dan PKB saat ini juga terus mematangkan struktur tim. Konsep tim pemenangan, terang Gus Ipul, sudah selesai dibahas dan tinggal memasukkan nama-nama yang akan dijadikan pengurus tim pemenangan. (goek)