Guruh Pacu Semangat Relawan Jokowi-JK

Guruh bagi-bagi kaos jokowiSURABAYA – Politisi PDI Perjuangan Guruh Soekarnoputra membakar semangat massa Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Surabaya, Jumat (20/6/2014) malam. Putra presiden pertama RI, Ir Soekarno itu mengajak relawan Bara JP dan masyarakat Surabaya memenangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla menjadi Presiden-Wakil Presiden RI dalam pilpres 9 Juli depan.

Guruh mengemukakan alasan, mengapa masyarakat harus memenangkan Jokowi-JK. Menurut Guruh, kalau pasangan lain yang menang, maka bangsa Indonesia akan kembali ke zaman orde baru (orba).

“Apakah kalian mau negara ini keadaannya kembali seperti zaman orba?” tanya Guruh kepada relawan dan warga lainnya, dalam acara pemantapan relawan yang digelar Bara JP Surabaya, di Karang Bulak, Surabaya, Jumat (20/6/2014) malam.

Sambil berteriak, massa yang hadir menyahut, “Tidaak!”

“Kalau tidak mau, mari kita antar Jokowi menjadi presiden,” ajak Guruh.

Pada kesempatan itu, legislator DPR RI dari dapil 2 Jatim (Surabaya-Sidoarjo) tersebut juga menceritakan secara singkat tentang sosok Proklamator RI, Bung Karno. Mulai saat kelahirannya di Surabaya, upaya melahirkan dasar negara Pancasila, hingga saat-saat akhir hayatnya.

Bung Karno, papar Guruh, sejak zaman penjajahan sudah didzolimi. Hingga akhir hayatnya hingga masa orba, kata Guruh, Bung Karno masih didzolimi. Oleh karena itu, ujar Guruh, jika Jokowi menjadi presiden, dia akan minta supaya almarhum Bung Karno dikembalikan harkat martabatnya, dan diangkat sebagai Bapak Bangsa.

Pemantapan relawan Bara JP Surabaya semalam juga dihadiri beberapa pengurus parpol pengusung pasangan Jokowi-JK. Hadir juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, yang juga Koordinator Relawan Jokowi Jawa Timur, Bambang DH.

Di sela acara, Guruh membagikan kaos Jokowi-JK yang disiapkan para relawan ke masyarakat yang hadir. Tak ayal, ratusan kaos yang disiapkan relawan ludes jadi rebutan warga. (pri)