Gugat Kepala Daerah Pendukung Jokowi, TKN: Tim Prabowo-Sandi Makin Panik

JAKARTA – Upaya yang dilakukan Tim Prabowo-Sandi dengan melakukan gugatan atas deklarasi para kepala daerah pendukung pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-KH Maruf Amin tidak hanya upaya sia-sia.

Upaya gugatan tersebut malah menumbuhkan militansi para kepala daerah untuk head to head langsung dengan Prabowo-Sandi.

“Tim Prabowo-Sandi makin panik dan menerapkan strategi gugat kepala daerah yang terbukti malah menjadi bumerang, menjadi arus balik yang memerkuat Jokowi,” kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto dalam keterangan resmi, Jumat (15/2/2019).

Hasilnya, para kepala daerah pendukung Jokowi makin militan. Menurut Hasto, seluruh kepala daerah pendukung Jokowi memiliki pengalaman konkret bagaimana kepemimpinan Jokowi sangat responsif terhadap aspirasi daerah.

“Jadi, ketika kepala daerah pendukung Paslon 01 ditekan kubu Prabowo-Sandi, semakin mantap bagi mereka untuk bergerak memenangkan Pak Jokowi. Inilah kesalahan strategi kubu Prabowo-Sandi,” ungkap Hasto.

Dia bahkan balik menantang kubu Prabowo-Sandi untuk berani menampilkan kepala daerah mereka. Dia menyilakan Tim Prabowo-Sandi menyebut mana kepala daerah berprestasi yang mau dukung Prabowo?

“Gerindra dan PKS silakan lakukan deklarasi yang sama. Sebut mana kepala daerahnya yang berprestasi? Mana kepala daerahnya yang benar-benar kader asli Gerindra dan PKS yang menunjukkan kualifikasi kepemimpinan sebagaimana ditunjukkan Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, Abdullah Azwar Anas, Ridwan Kamil, Hasto Wardoyo, Prof Nurdin Abdullah, dan lain-lain. Mayoritas kepala daerah dukung Jokowi karena alasan rasional, yakni prestasi Jokowi dan hubungan sinergis yang berkemajuan antara pusat dan daerah. Semua karena prestasi,” tegas Hasto

Jadi, imbuhnya, jangan hanya karena tidak punya kepala daerah yang hebat, lalu Tim Prabowo-Sani main lapor minim bukti. “Seluruh tim hukum Tim Kampanye Jokowi-KH Maruf Amin akan memberikan dukungan advokasi maksimal kepada para kepala daerah yang digugat kubu Prabowo,” ujarnya. (goek)