Gubah Lagu untuk Sambut Caleg

Ponorogo-Sri Rahayu-Agus BudionoBANYAK cara dilakukan para pendukung calon anggota legislatif (caleg) untuk menunjukkan dukungannya. Salah satunya adalah dengan membuatkan lagu untuk sang caleg.

Seperti yang dilakukan ibu-ibu di RW 02, kelurahan Tamanarum, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Mereka menyanyikan lagu gubahan sendiri untuk menyambut caleg-caleg PDI Perjuangan yang melakukan sosialisasi di kampungnya.

Adalah Bu Lilik, ketua penggerak PKK di RW 02 yang memiliki ide ini awalnya. “Biar lebih semangat kami nyanyi dulu. Kalau nyanyi hati jadi gembira, semangat memenangkan PDI Perjuangan juga nambah,” kata dia.

Ketika Agus Budiono (caleg DPRD Ponorogo, dapil 1) dan tim dari H Sirmadji Tj (caleg DPR RI, Dapil 7) menyambangi kampungnya, Minggu (2/3) lalu, mereka pun mendendangkan beberapa lagu untuk menyambut. Salah satunya adalah lagu yang digubah dari nada Shalawat Badar ini:

Pak Sirmadji tokoh kita
Berjuang untuk rakyatnya
Ya Allah aku minta
Tuk jadikannya pemimpin kami

Pak Sirmadji kebanggaan kita
Berjuang agar rakyat sejahtera
Masyarakat utamanya
Pak Sirmadji baik tujuannya

Ngawi Magetan Ponorgo
Pacitan juga Trenggalek
Pak Sirmadji tugas mengemban
Demi rakyat supaya sejahtera

Amin amin amin amin
Amin amin amin amin
Amin amin amin amin
Amin amin amin amin

Mendapat sambutan yang tak biasa itu, Sri Rahayu yang mewakili H. Sirmadji pun merasa tersanjung. “Wah, saya tidak menyangka sama sekali. Terimakasih ibu-ibu sudah bersedia menggubah lagu ini untuk Pak Sir,” ujar Yayuk, sapaan akrab Sri Rahayu.

“Kami boleh bawa ya liriknya? Nanti kami pakai sosialisasi di tempat lain. Bagus ini ada doanya. Atau mesti bayar royalti?” canda perempuan yang tak lain adalah istri Sirmadji ini disambut gelak tawa ibu-ibu yang hadir.

Acara silaturahim pun berjalan gayeng setelah diawali dengan nyanyian. Yayuk menyampaikan permohonan maaf karena suaminya tak dapat turut serta karena sedang menyambut kedatangan Ketua Umum PDI Perjuangan, H.Megawati ke Surabaya.

“Salam Pak Sirmadji dan Ibu Mega untuk ibu-ibu dan warga sini semua, semoga PDI Perjuangan di sini menang,” ujarnya.

Agus dan Yayuk pun kemudian memaparkan beberapa kisah keberhasilan PDI Perjuangan dalam memperjuangkan kebijakan pro rakyat melalui legislatif, salah satunya UU Desa dan UU Jamsosnas. Peserta nampak antusias mendengarkan dan banyak yang kemudian menanyakan hal-hal teknis seputar jaminan sosial kesehatan.

Di akhir pertemuan giliran Agus yang dihadiahi lagu gubahan dari lagu anak-anak Naik Delman. Ini potongan liriknya:

Mendukung Pak agus masyarakat pasti happy
Pasti tanggung jawab dan bersih dari korupsi
Sungguh bahagia masyarakat kita nanti
Semoga perjuangannya selalu terpuji

Hu hi ha hi hu hi ha hi hu
Hu hi ha hi hu hi ha hi hu
Hu hi ha hi hu hi ha hi hu
Pak Agus itu pasti. (sa)