Go International, Wali Kota Batu Kunjungi Eropa

pdip jatim - ER di CekoPRAHA – Kota Wisata Batu (KWB) meneguhkan langkahnya untuk go internasional. Kamis, (19/2/2015) KWB mendapat kehormatan mengikuti pameran Holiday Word Praha 2015 di Kota Praha, Republik Sosialis Cekoslovakia.

KWB secara khusus diundang pemerintah Ceko untuk mengikuti pameran pariwisata terbesar ke dua di dunia setelah pameran wisata di Berlin ini. Di pertengahan 2014, kata Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, kedubes Ceko datang untuk menyerahkan replika patung Yesus Kanak-Kanak yang ditempatkan di Gereja Gembala Baik, salah satu destinasi wisata religi di Batu.

“Beliau terkesan dengan keindahan kota Batu, kemudian mengundang kami untuk datang kemari,” jelas Eddy Rumpoko, sebagaimana rilis yang diterima Infokom PDI Perjuangan Jawa Timur, Kamis (19/2/2015) malam.

Eddy bersama rombongan tiba di Kota Praha pada Selasa (17/2/2015). “Kunjungan ini bukan hanya sekadar studi banding, namun ada misi pengenalan pariwisata dan kebudayaan,” jelas wali kota yang akran disapa ER itu.

Dalam rombongannya, Eddy membawa serta pelaku pariwisata Kota Wisata Batu. Di antaranya Djopo, seniman tari topeng yang juga tampil dalam pameran tersebut.

Pada Jumat (20/2/2015), Pemkot Batu akan bertemu dengan Wali Kota Karlovy Vary, Mr Petr Kulhanek untuk menandatangani kerjasama pariwisata dan pendidikan. Karlovy Vary adalah kota spa yang sangat terkenal di Ceko.

Terletak 130 km di sebelah barat Praha, Karlovy Vary dikenal dengan air mineralnya yang digunakan untuk perawatan spa. Nama Karlovy Vary diambil dari nama raja Bohemia dan penguasa Romawi Kuno, Charles IV, yang mendirikan kota tersebut pada tahun 1370.

“Kita ingin belajar pada kota ini tentang bagaimana memadukan potensi alam untuk wisata kesehatan. Perawatan spa di sana menggunakan sumber terapi alami yang dilengkapi layanan rehabilitasi terapi fisik dan olahraga, program diet, hingga pendidikan kesehatan yang diprogram secara khusus dan menyeluruh,” ujar pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang itu.

Setelah dari Praha, rencananya ER dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Austria untuk melihat pabrik gondola (kereta gantung) yang akan dipasang di Kota Wisata Batu. (sa)