Giliran Magetan Sosialisasikan SK Konsolidasi

pdip jatim - rakercab magetanMAGETAN – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magetan menggelar sosialisasi Surat Keputusan (SK) DPP PDI Perjuangan nomor 066 dan 067 di kantor DPC Jalan Raya Maospati-Magetan, Kamis (27/11/2014) siang. Sosialisasi SK tentang mekanisme musancab, konfercab, konferda serta penjaringan calon ketua PAC, DPC, dan DPD itu disampaikan dua pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Bambang Yuwono dan Suhandoyo.

Dalam acara diikuti pengurus harian PAC PDI Perjuangan se-kabupaten Magetan ini dijelaskan poin penting mekanisme penjaringan dan pemilihan ketua PAC, DPC, hingga DPD. Di antaranya adalah metode pemilihan yang mengedepankan musyawarah mufakat dan peniadaan sistem voting atau pengambilan suara terbanyak.

Menurut Bambang Yuwono, sistem musyawarah mufakat ini selain lebih sesuai dengan karakter kebangsaan Indonesia, juga untuk menata organisasi partai ke depan agar lebih mencerminkan proporsional keterwakilan masing-masing kader di bawah.

“Dengan musyawarah, kita juga berusaha untuk melatih diri kader untuk kembali mengedepankan diskusi dan musyawarah dalam pengambilan keputusan. Jadi pragmatisme politik bisa dikurangi,” ujar Logos, sapaan akrab Bambang Yuwono.

Sedang Suhandoyo mengatakan, bahwa bagi para calon ketua nantinya akan dilakukan tes kelayakan saat penjaringan. Menurutnya, hal ini sebagai salah satu upaya memilih kader yang bisa mengurus partai.

“Cara ini kita tempuh untuk mendapatkan kristalisasi kader partai. Kita butuh kader yang bukan hanya bisa berpolitik tapi juga punya hati. Jadi tidak mudah tergoda hal-hal pragmatis,” kata dia.

Sementara itu, pengurus PAC menyambut baik sistem baru terkait konsolidasi organisasi yang disosialisasikan. Seperti diungkapkan Ketua PAC Kecamatan Kawedanan, Parmin, menurut dia, dengan pola pemilihan musyawarah mufakat ini justru akan hemat biaya dan waktu.

“Selain itu bagi organisasi partai juga akan bagus karena kita bisa terbuka membicarakan mana kader yang layak jadi pengurus. Semoga dengan pola baru ini ke depan PDI Perjuangan di Magetan bisa meraup kembali kepercayaan masyarakat dan mendongkrak perolehan suara,” harapnya. (sa)