“Gelorakan Terus Semangat Perjuangan”

pdip jatim - kusnadi irup upc 17-anSURABAYA – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi, mengajak semua kader PDI Perjuangan bersama-sama bergotong royong membawa bangsa Indonesia menyeberangi jembatan emas sebagaimana yang dicita-citakan proklamator kemerdekaan RI, Bung Karno.

Kusnadi mengatakan, Bung Karno berhasil membangun jembatan emas melalui proklamasi kemerdekaan yang membebaskan bangsa Indonesia dari belengu penjajahan. Saat ini, kata Kusnadi, melalui Pemilu Presiden 2014 lalu, PDI Perjuangan juga berhasil mengantarkan kadernya, Joko Widodo, sebagai Presiden RI.

Menurut Kusnadi, dengan keberhasilan itu, Bung Karno dan kita semua, sudah mampu membangun jembatan emas bagi bangsa Indonesia. Pertanyaannya adalah, mampukah kita mengusung seluruh rakyat Indonesia untuk menyeberangi jembatan itu.

Sebagai jawabannya, Kusnadi mengajak semua sebagai kader bergotong royong bersama menyeberangi jembatan emas itu. Tanggung jawab tersebut, jelas dia, harus dilakukan semua kader, dan petugas partai, untuk membawa bangsa Indonesia melewati jembatan emas tersebut.

Baca juga: Hasto: PDI Perjuangan Harus Pelopori Pelurusan Sejarah

“Mari kita gelorakan terus semangat perjuangan itu. Sehingga cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia akan tercapai,” kata Kusnadi, dalam pidato upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-70 RI, di halaman kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Senin (17/8/2015).

Kusnadi juga mengutip sebagian pidato Bung Karno, sebelum membacakan teks proklamasi. Yakni, hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan menjadi bangsa yang kuat.

Jika dikorelasikan dengan kekinian, ujar Kusnadi, meski PDI Perjuangan sudah memenangkan pileg dan pilpres 2014, hal itu bukan lantas membuat kader PDI Perjuangan berhenti berjuang. Malah, jelasnya, perjuangan itu justru ini baru dimulai.

“Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu bangsa, kalau bangsa itu sendiri tidak mengubah nasibnya,” ucap Kusnadi.

Upacara tujuhbelasan di halaman kantor PDI Perjuangan Jatim diikuti jajaran pengurus DPD Jatim, pengurus DPC Kota Surabaya dan Sidoarjo, satgas, tukang becak, dan elemen lainnya. Usai upacara, dilakukan syukuran dan bermacam perlombaan khas tujuhbelasan. (goek)

Foto-foto Upacara Kemerdekaan Ri ke-70, klik: Di Sini