Gaji Disetarakan PNS Golongan IIA, PPDI: Perangkat Desa Bangga dengan Jokowi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo memastikan perangkat desa di seluruh Indonesia segera menikmati perbaikan kesejahteraan. Pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan gaji perangkat desa.

Hal itu disampaikan Jokowi di depan ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Istora Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

“Sudah kita putuskan penghasilan tetap perangkat desa disetarakan dengan (PNS) golongan IIA,” kata Jokowi disambut sorak sorai para perangkat desa yang hadir.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015, gaji PNS golongan IIA adalah Rp 1.926.000. Selain gaji, menurut Jokowi, perangkat desa kedepannya juga akan mendapatkan layanan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Menurut dia, perbaikan kesejahteraan para perangkat desa itu akan dilakukan lewat revisi Peraturan Pemerintah PP 47 Tahun 2015 tentang desa. “Akan direvisi paling lama dua minggu,” ujarnya.

Ketua Umum PPDI Mudjito mengatakan, semula pertemuan ini direncanakan dihadiri 10 orang sebagai perwakilan anggota PPDI.

Namun, setelah pemerintah memutuskan menyetujui usulan PPDI soal peningkatan penghasilan perangkat desa dan revisi PP 47 Tahun 2015 ribuan anggota PPDI antusias ingin bertemu Jokowi.

“Akhirnya pada hari ini saya mohon maaf sekali lagi saya tak bisa membendung perasaan rekan-rekan yang intinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, kepada presiden Jokowi,” kata Mudjito.

Dia menjelaskan, sebagai aparat desa dirinya merasakan betul kebijakan yang dikeluarkan Jokowi selama ini memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan perangkat desa.

Selain itu, Jokowi disebut peduli terhadap perbaikan kualitas kesehatan masyarakat.

“Lima tahun kurang sedikit Pak Jokowi menjabat, setiap tahun terus ada kenaikan baik alokasi dana desa atau dana desa,” ucapnya.

Perangkat desa, lanjut dia, merasa bersyukur memiliki presiden seperti Jokowi. Mudjito juga mengaku mendapat masukan dari masyarakat bahwa mereka bangga terhadap Jokowi.

“Sudah ada masukan dari banyak masyarakat yang intinya masyarakat sudah bangga dengan Pak Jokowi. Prinsipnya kami perangkat desa, kami tegak lurus kepada pemerintah,” ujar dia. (goek)