Gabungnya PKB Jadi Penyemangat Memenangkan Jokowi

Koalisi PDIP-PKB ilustrasiPDI Perjuangan dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyambut baik keputusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang siap satu barisan mendukung calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadapi pemilihan presiden 2014.

Seperti disampaikan Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga, pihaknya bersyukur atas keputusan PKB tersebut. “Ini menjadi satu energi penggerak yang memberikan semangat bagi kami untuk meneruskan perjuangan dalam mendukung untuk pemenangan Pak Jokowi,” kata Eriko, Kamis (1/5/2014).

Meski demikian, kata Eriko, PDI Perjuangan tetap menunggu keputusan resmi PKB tersebut. Publik pun, ujarnya, juga menunggu bergabungnya PKB ke PDI Perjuangan untuk memenangkan Jokowi.

Terpisah, Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella juga menyambut baik bergabungnya PKB meski masih menunggu deklarasi resmi. “Ya bagus juga mari bersama-sama berjuang untuk memenangkan Jokowi sebagai presiden 2014-2019. Tentu ini memperluas dukungan bagi Jokowi,” kata Patrice Rio Capella, Jumat (2/5/2014).

Sebagaimana PDI Perjuangan, menurut Rio, NasDem masih menunggu deklarasi resmi PKB soal koalisi tersebut. Sebab, hingga hari ini dukungan dari partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu belum disuarakan jelas dalam bentuk deklarasi.

Sebelumnya, Sekjen DPP PKB Imam Nahrowi memastikan koalisi partainya bersama PDI Perjuangan sudah hampir final. Ia menegaskan, rencana kerjasama PKB dengan PDI Perjuangan ini juga sudah dikomunikasikan dengan semua jajaran pengurus baik di tingkat pusat hingga jajaran wilayah atau DPW.

“Kerja sama dengan PDI Perjuangan tinggal peresmian saja,” ujar Imam Nachrawi.

Soal pilihan PKB berkoalisi dengan PDI Perjuangan, sebut Imam, semata-mata didasari kesamaan platfom visi misi dan tujuan pembangunan nasional. “Kami berkoalisi tidak mensyaratkan apapun, karena kami melihat dalam membangun negeri ini dengan berbagai kompleksitas persoalannya. Memang dibutuhkan kerja sama yang tulus dan bervisi antar semua komponen bangsa,” ucap Imam. (pri/*)