Fraksi PDIP Desak Pemprov Jatim Lebih Banyak Bangun Embung

pdip jatim - agatha fraksi jatim

Agatha Retnosari

SURABAYA – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur minta pemerintah provinsi agar lebih banyak membangun waduk, dan embung. Sebab, penambahan wadah tampungan air itu diharapkan bisa menambah hasil produksi tanaman padi.

“Hasil produksi padi di Jawa Timur mampu mencapai 12 juta ton, pemprov sebagai penyangga pangan nasional perlu lebih banyak lagi membangun embung dan waduk untuk mengairi lahan persawahan agar hasil panennya bagus,“ kata Agatha Retnosari, juru bicara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur, pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jatim, Kamis (15/10/2015).

Saat ini, sebut Agatha, Jawa Timur hanya memiliki 800 ribu meter-kubik air yang ditampung dalam berbagai danau, waduk, dan embung. Namun hasil produksi padi di Jawa Timur mampu tertinggi secara nasional.

Oleh karena, tambah dia, Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) merekomendasikan, agar dibangun lebih banyak waduk, dan embung. Pihaknya juga minta seluruh jajaran pemerintahan kukuh mempertahankan lahan pertanian sesuai amanat UU Nomor 41 tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Kebutuhan air bagi persawahan di Jawa Timur, lanjut Agatha, idealnya mencapai 22,2 miliar meter kubik. Jawa Timur, sebut dia, sebenarnya memiliki potensi ketersediaan yang cukup memadai yaitu sekitar 52,2 miliar meter kubik.

Untuk menjaga ketersediaan air, ujarnya, diperlukan sistem resapan dan penyimpanan. Namun pada kenyataannya, setiap musim kemarau, hampir seluruh wadah tampungan baik itu embung ataupun waduk mengering.

Dia mencontohkan, waduk Notopuro, di Madiun, pada saat kemarau berubah menjadi tegalan, dan dimanfaatkan penduduk sekitar menjadi ladang tanaman palawija. “Demikian juga waduk Saradan. Embung hampir seluruhnya mengering,“ ungkapnya.

Dengan panen yang bagus, imbuhnya, maka Jawa Timur sebagi lumbung pangan nasional tetap terjaga eksistensinya. “Selama 70 tahun Jawa Timur telah sukses sebagai penyangga pangan nasional. Kita berharap agar bisa lebih ditingkatkan lagi,“ harap legislator yang juga Wakil Bendahara DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya itu. (guh)