Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Dukung Penguatan PT PJU

pdip jatim - sri untari 02SURABAYA – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno menegaskan, pihaknya akan mendukung upaya pengembangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Syaratnya, pengembangan perusahaan daerah itu tujuannya semata-mata untuk mensejahterakan rakyat.

“BUMD wajib menjadi penggerak sekaligus tulang punggung perekonomian daerah, selain APBD. Oleh karena itu, Fraksi PDI Perjuangan mendukung sepenuhnya penguatan BUMD demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat,“ tandas Sri Untari, Rabu (30/9/2015).

Penegasan itu disampaikan Sri Untari terkait perubahan peraturan daerah (Perda) terhadap PT Petrogas Jatim Utama (PJU), salah satu perusahaan daerah milik Pemprov Jatim. Lewat perubahan perda, diharapkan PT PJU lebih leluasa mengembangkan usahanya.

Menurut Untari, perda sebelumnya, yakni Perda Nomor 1 Tahun 2006 akan direvisi sehingga dapat memberikan payung hukum bagi PT. PJU mengambil peluang bisnis baru yang dapat dikembangkan pada waktu mendatang. Seperti bidang usaha energi dan energi terbarukan, sumber daya mineral, serta pengelolaan pelabuhan umum yang berbentuk Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Selama ini, kinerja PT PJU masih berupa pengelolaan tiga kegiatan usaha migas. Yakni anak perusahaan di bidang hulu yang mengelola Participating Interest (PI), anak perusahaan hilir yang bergerak dalam bidang hilir migas, serta anak perusahaan di bidang services untuk mendukung kegiatan usaha migas.

Saat ini PT PJU juga sedang mengerjakan beberapa proyek, seperti operator untuk City Gas di beberapa daerah di Surabaya dan Sidoarjo, membangun dan mengoperasikan SPPBE dengan kapasitas massal di Jombang.

Juga melakukan pengolahan minyak limbah di Lamongan, engineering procurement dan proyek konstruksi Pertamina di Bali dan Rantau, pengangkutan BBM dan minyak limbah, serta konsultan logistik dan shorebase untuk wilayah Santos Madura, Sulawesi Barat dan Tangguh di Papua. (guh)