“Faktanya, Sebagian Besar Habaib Dukung Jokowi-Ma’ruf”

PASURUAN – Rombongan Safari Kebangsaan ke-6 PDI Perjuangan berziarah ke Makam Habib Abdullah Alhadad, di Bangil, Pasuruan, Sabtu (26/1/2019).

Kedatangan rombongan dipimpin Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat itu diterima keturunan Habib Abdullah Alhadad Sangeng, Habib Sholeh Almuhdar.

Usai berziarah, Habib Sholeh yang didampingi Habib Fahmi Almusawa menyampaikan arah dukungan para habaib kepada Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Habib Fahmi mengatakan, tidak seluruhnya habaib mendukung Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019.

“Hari ini kita buktikan para habaib juga akan memilih Jokowi nomor 01. Jadi banyak habaib dan ulama yang akan memilih Pak Jokowi,” tegas Habib Fahmi.

Habib Sholeh, yang merupakan pendukung Ma’ruf Amin mengatakan terus melakukan penggalangan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf.

Habib Sholeh sebelumnya juga menegaskan, sebagian besar Habib adalah pendukung Jokowi-Ma’ruf. “Klaim bahwa semua habaib mendukung pasangan capres 02 itu tak benar. Faktanya, sebagian besar para habaib  mendukung pasangan capres-cawapres 01. Nanti akan saya tunjukkan buktinya,” tegasnya.

Pengurus Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pondok Pesantren Indonesia ini menegaskan, dirinya berani bersaksi soal dukungan para habaib. Menurut dia, di Jawa Timur ada banyak Habaib, jumlahnya ratusan orang dan mereka pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Usai ziarah, Hasto mengatakan, ziarah merupakan bagian kebudayaan untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga yang ditinggalkan. Melalui ziarah tersebut, Hasto juga mengajak keluarga Habaib Abdullah mendoakan pemilu 2019 agar lancar.

“Seorang pemimpin bangsa harus memahami adat istiadat dan upaya kita melalui ziarah kubur ini semua berdoa selain mendoakan Habib Abdullah dan keluarga kami juga mendoakan bangsa dan negara agar pemilu dapat berjalan dengan lancar,” kata Hasto.

Setelah ziarah, Hasto dan Djarot juga meresmikan turnamen sepak bola PIDP di lapangan Kancil Mas, Pasuruan. Ratusan anak-anak peserta turnamen memadati lapangan sepak bola tersebut. Agenda ini merupakan rangkaian safari politik PDIP di Jawa Timur. (goek)