Exit Poll, Risma-Whisnu Unggul 81 Persen

pdip-jatim-didong-paparkan-exit-poll-pilkada-sbySURABAYA – Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana diprediksi kembali memimpin Surabaya periode mendatang. Hasil exit poll yang dilakukan Lembaga Survei Surabaya Consulting Group (SCG), pasangan Risma-Whisnu menang mutlak pada Pilwali Surabaya yang digelar Rabu (9/12) hari ini.

SCG melansir, hingga pukul 13.00, pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut 1 tersebut meraih suara 81 %. Sementara pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari meraih 19 %.

Dalam surevinya, SCG menggunakan metode exit poll dengan jumlah responden sebanyak 4.000 orang.

Direktur SCG, Didik Prasetiyono mangatakan, metode exit poll dilakukan dengan cara menanyakan langsung kepada pemilih yang baru keluar dari TPS.

“Kita tanyakan langsung mereka yang baru keluar dari TPS. Apakah sudah melakukan pilihan, dan memiliah nomor berapa,” terangnya.

Dari 4.000 Responden yang tersebar di seluruh kecamatan, terang Dikdong, sapaan akrab Didik Prasetiyono, sebanyak 81% mengaku memilih pasangan nomor 2.

Dia menambahkan, angka tersebut masih akan dikros-cek dengan metode real count yang akan diumumkan pada pukul 16.00 berbarengan dengan konferensi pers pasangan Risma-Whisnu.

“Data ini sudah seratus persen masuk semua. Jadi ini gambaran sementara yang akan disempurnakan dengan quick count dan real count nanti,” ujar Didik. (goek)