Eva Sundari Sosialisasi 4 Pilar dengan Para Pendamping PKH

KEDIRI – Sebanyak 200 pendamping kelompok, pendamping desa penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Wates, Kab Kediri menjadi peserta sosialisasi 4 Pilar yang diadakan anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Eva Sundari.

Sosialisasi berlangsung di Kantor Kecamatan Wates pada Sabtu (23/3/2019) lalu itu dimoderatori Kanestri dan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 stanza.

Selain Eva Sundari, hadir pula Neno Nestira, tokoh perempuan muda Kediri serta Mizan Sa’roni dari PT PNM (Permodalan  Nasional Madani) yang mengelola Program Mekaar KUR untuk usaha ultra mikro.

Eva Sundari menjelaskan tentang Konsep Sosio Demokrasi dari Pancasila sebagaimana dijelaskan oleh Bung Karno di pidato 1 Juni 1945.

“Keadilan Sosial hanya bisa diwujudkan dengan metode yang demokratis, yaitu musyawarah mufakat atau gotong royong yang saat ini disebut sebagai kolaborasi,” jelas Eva Sundari, sebagaimana keterangan tertulisnya, kemarin.

Mizan Sa’roni dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menjelaskan tentang KUR khusus untuk mendukung bisnis ultra mikro dalam Program Mekaar.

“Program ini dibuat Pemerintah Pak Jokowi dan diberikan tanpa agunan, besarnya 2-10 juta tetapi hanya bisa diberikan kepada kelompok yang terdiri 1-10 orang,” jelas Mizan.

Peserta bersemangat karena akan diberikan fasilitator kepada tiap kelompok ibu-ibu ini sehingga modal bisa dikelola dengan hati-hati.

Tyas Febrina Setyorini, Manager Regional  Kediri menambahkan, selama pendampingan, sebagian dari pelaku bisnis mikro tersebut sudah ada yang berhasil naik kelas ke mikro bahkan ke UMKM.

Di akhir acara disepakati bahwa tim PNM akan menghadiri pertemuan-pertemuan kelompok PKH untuk penjajagan peluang kerjasama. Eva Sundari berharap bahwa sosialisasi 4 pilar kali ini berdampak konkret yaitu pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat kecil sebagaimana amanat UUD 1945 ps 33 tentang perekonomian gotong royong demi mewujudkan keadilan sosial. (guh)