Eva Sundari Harap Rampak Sarinah Kediri Jadi Motor Gerakan Kolaborasi 4.0

KEDIRI–  Revolusi Industri 4.0 hanya akan memberi manfaat apabila kita mampu merevolusi mental kita agar berkarakter dan berperilaku adaptif, produktif, kreatif, dan inovatif.

Aggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Eva Sundari mengajak para ibu untuk menjadi motor dalam Gerakan Kolaborasi 4.0 dan menyebar pengaruh mereka pada keluarga, lingkungan, maupun bangsa dan negara.

“Investasi pendidikan pada perempuan memberi hasil yang paling tinggi. Mendidik Ibu, sekeluarganya jadi ikut pintar. Peran majemuk perempuan menjadikan mereka mampu berfungsi sebagai kunci dalam transformasi masyarakat,” jelas Eva Sundari, kemarin.

Ajakan itu telah dia sampaikan pada acara sosialisasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tema Peran OJK dalam Memajukan Ekonomi Digital. Sosialisasi OJK itu berlangsung di Basement SLG Kediri, pada Rabu (27/3/2019) lalu.

Kegiatan yang diikuti 600 an anggota Rampak Sarinah Kabupaten Kediri itu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan mars Rampak Sarinah. Sosialisasi yang dimoderatori oleh Sarwo Indah tersebut dibuka oleh Kepala Kantor BI perwakilan Kediri, Musni Hardi Kasuma yang sekaligus menjelaskan program-program sosial BI.

“Banyak bantuan sosial dari BI tapi semuanya diberikan kepada kelompok, bukan kepada individu. Yang relevan untuk Gerakan Kolaborasi 4.0 untuk ibu-ibu adalah pelatihan-pelatihan yang ditujukan agar para perempuan bisa menjadi penggerak ekonomi kerakyatan,” jelas Musni.

Narasumber kedua adalah Yadi Yudho Purwanto, Kepala BNI 46 KCP Kediri yang menyampaikan program-program KUR dan Agen 46.

“BNI berkomitmen untuk memfasilitasi pengembangan bisnis para perempuan. Jangan kalah dengan bapak-bapak lho. Siapa cepat dia dapat,” kata Yadi memberi semangat peserta.

Eva Sundari mengingatkan agar para ibu mempunyai konsep diri yang baru yaitu sebagai Ibu Bangsa yang menurut Bung Karno adalah perempuan yang pintar mendidik anak sekaligus pintar mencari duit untuk membantu keluarga dan bangsa.

“Ayo menjadi sayap yang kuat dari burung Garuda. Kita kejar ketertinggalan dengan meningkatkan partisipasi perempuan di ekonomi digital,” kata Eva Sundari memotivasi para ibu Rampak Sarinah.

Selanjutnya Eva Sundari mengajak semua yang hadir untuk mengucap salam Gerakan Kolaborasi 4.0 secara bersama-sama serta mengajak mereka menyanyikan lagu Indonesia Abadi/Kolaborasi yang digubahnya untuk mendukung Gerakan Kolaborasi 4.0. Acara sosialisasi yang juga dihadiri Ketua DPRD Sulkani, anggota DPRD Wasis, serta para aktivis PDIP Pendiwan, Neno Nestira, dan Siti Iftitah ditutup dengan doa yang dibacakan Umi Fatimah.  (guh)