Eva: Jokowi-JK Menang di Jatim dan Jateng

Eva K Sundari di SurabayaSURABAYA – Juru bicara Tim Pemenangan Jokowi-JK Eva Kusuma Sundari optimistis, pasangan capres-cawapres Jokowi-JK akan menang besar di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Persentase kemenangan yang disebut Eva, sedikitnya 60 persen.

“Jokowi-JK menang dengan persentase di atas 60 persen. Dua provinsi ini kantong suara yang besar, karena itu menyumbangkan suara yang signifikan untuk kemenangan secara nasional,” ungkap Eva kepada wartawan, di Surabaya, Kamis (19/6/2014).

Dalam kunjungan ke Surabaya, anggota Komisi III DPR RI itu menyapa warga stren Kali Surabaya, warga Rusunawa Gunungsari dan masyarakat di Pusat Grosir Surabaya (PGS). Sore harinya, Eva menjadi narasumber dalam acara Konsolidasi Perempuan Untuk Jokowi-JK, di aula kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya.

Selama blusukan kampanye, Eva banyak menyerap aspirasi wong cilik. Selain itu, dia bisa melihat sendiri besarnya dukungan masyarakat untuk Jokowi-JK.

Dia menambahkan, sebagian besar suara NU, yang mayoritas di Jatim dan Jateng, mengalir ke pasangan Jokowi-JK karena faktor Jusuf Kalla yang merupakan kader tulen NU. Bahkan, posisi JK sebagai Mustasyar PBNU dan peran bapaknya sebagai tokoh besar NU di Sulawesi Selatan sudah dipahami semua orang.

Faktor dukungan PKB, tambah Eva, juga berpengaruh besar terhadap kemenangan Jokowi-JK di Jatim dan Jateng. Karena PKB adalah partai politik yang menjadi wadah politik Nahdliyyin. Sedangkan di Jateng memang basis PDI Perjuangan dan ada faktor Gubernur Ganjar selaku kader partai yang bisa menjadi votegetter.

Kepada wartawan, Eva juga membeberkan keunggulan Jokowi-JK atas pasangan Prabowo-Hatta berdasarkan data survei. Dari 9 hasil survei terakhir yang sudah dirilis sejumlah lembaga survei, 7 di antaranya dimenangkan Jokowi-JK. Sementara 2 survei lainnya dimenangkan Prabowo-Hatta. (p/*)