Erick Thohir Nakhodai Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA – Seperti disebutkan banyak pihak sebelumnya, Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan Ketua Pelaksana Asian Games 2018, Inasgoc, Erick Thohir, sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

Jokowi sengaja memilih sosok Erick Thohir sebagai Ketua TKN agar ada kombinasi yang baik antara sosok berlatar belakang politikus dan profesional murni di dalam tim.

“Jadi ini kombinasi, supaya semuanya bisa ikut memiliki. Ada profesional pengusaha, ada politisi. Kalau campur-campur gini kan bagus,” ujar Jokowi di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2018).

Dia berpendapat, bahwa jabatan ketua tim kampanye nasional sebenarnya tidak mutlak harus diserahkan kepada sosok dengan latar belakang politik. Sebab, ketua tim kampanye lebih menjalankan fungsi manajemen dan harmonisasi kerja unsur-unsur di dalam tim.

Capres petahana ini pun mencatat, rekam jejak Erick sebagai seorang manajer lapangan sangat baik. Erick mempunyai media massa, klub sepak bola, klub bola basket hingga yang paling anyar yakni menjabat ketua pelaksana Asian Games 2018.

“Jadi ini bukan urusan berpolitik saja ya. Ini juga urusan manajemen. Mengelola kampanye ini sehingga bisa berjalan dengan baik,” jelas Jokowi.

Sementara, untuk sosok berlatar belakang politik, tambah Jokowi, sudah banyak yang masuk di dalam tim kampanye nasional. Mulai dari para sekjen hingga ketua umun parpol pendukung pasangan Capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Unsur politiknya kan sudah banyak sekali. Sekjen-sekjen kurang politik apa? Di dewan penasihat juga semuanya ketua partai. Dewan pengarah juga ada Pak JK, sehingga ketua umumnya kita berikan ke seorang profesional muda, pengusaha, yaitu Erick Thohir,” paparnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menjelaskan sedikit menjelaskan latarbelakang Erick Thohir. “Beliau adalah pengusaha sukses, memiliki media, memiliki klub sepak bola, memiliki klub basket, dan memiliki yang lain-lainnya,” ujar Jokowi.

Dia menilai, Erick selalu sukses dalam bekerja, terakhir dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. “Setiap hal yang beliau pimpin itu selalu mendapatkan kesuksesan. Terakhir kita masih ingat beliau ketua Inasgoc di Asian Games 2018,” tambah Jokowi.

Dalam jumpa pers tersebut, Jokowi juga mengumumkan Wapres Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Pemenangan.

Hadir dalam jumpa pers tersebut, yakni KH Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla, Erick, serta para sekjen parpol pengusung dan pendukung. Mereka kompak mengenakan kemeja putih. (goek)