ER: Pilkada Momen Penting dan Strategis untuk Partai

pdip jatim - Eddy RumpokoBATU – Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Eddy Rumpoko mengatakan, Pilkada tahun 2015, merupakan momentum yang sangat penting dan strategis bagi partai. Pasalnya, PDI Perjuangan saat ini adalah partai pemerintah, yang mendukung kebijakan dan program pemerintahan Jokowi – JK.

“Pilkada tahun ini jadi momen penting dan strategis bagi partai, sebab PDI Perjuangan merupakan partai pemerintah, yang mendukung kebijakan Jokowi JK,” kata Eddy Rumpoko di Kota Batu, Senin (30/3/2015).

Menurut ER, sapaan akrab Eddy Rumpoko, kesuksesan kader PDI Perjuangan dalam pilkada di beberapa daerah khususnya Kabupaten Malang, merupakan tonggak kuat untuk menjalankan program pemerintah pusat, yang dikenal dengan Nawacita.

PDI Perjuangan, jelas ER, tidak hanya ingin memenangkan pilkada setempat, namun secara cermat ingin membangun Kabupaten Malang agar lebih berkembang dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Dia menambahkan, DPC Kabupaten Malang akan membuka pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) Malang usai Kongres IV PDI Perjuangan. Kongres rencananya digelar di Bali 9-12 April 2015.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan mekanisme penjaringan bacabup secara prosedural. Syarat bacabup dari PDI Perjuangan, sebutnya, di antaranya harus memiliki jiwa kepemimpinan kuat dan konsep bagus.

“Saya tidak ingin, orang terkenal dan punya duit saja, tapi dia tidak punya konsep. Nanti, begitu jadi (bupati) tidak punya konsep malah mencederai masyarakat,” ucap pria yang saat ini menjabat Wali Kota Batu tersebut.

Sebelum membuka pendaftaran, ER juga ingin mendengar kebijakan dari DPP dan DPD PDI Perjuangan tentang bacabup yang akan diusung. Hingga saat ini PDI Perjuangan belum memiliki calon untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Malang.

“Calon laki atau perempuan tak masalah, asal punya jiwa kepemimpinan yang kuat dan konsep bagus untuk masyarakat Malang,” ujar dia. (pri/*)