ER Jadi Pengajar di Kelas Inspirasi

pdip jatim - ER Walikota BatuBATU – Banyak cara membangkitkan motivasi siswa untuk belajar. Di antaranya menggelar kelas inspirasi dan menghadirkan tokoh yang menjadi inspirasi anak-anak sebagai guru.

Adalah Eddy Rumpoko, Wali Kota Batu, yang menjadi ‘guru’ di SDN 4 Gunungsari dan SMP Satu Atap Brau. Kali pertama menghadapi 47 siswa SDN 4 Gunungsari dan 46 siswa SMP Satu Atap, Senin (29/9/2014), Eddy Rumpoko menyapa mereka.

Selanjutnya, ER, sapaan Eddy Rumpoko, mengajukan pertanyaan tentang tugas seorang wali kota. Kemudian dia menjelaskan tugas wali kota sebagai pemimpin, yang di antaranya harus tahu wilayah masyarakat yang dipimpinnya.

Wali kota yang juga politisi ini lalu mengajak para siswa mengenal demokrasi. Mereka diajak membuat suatu pemilihan Presiden Murid. Layaknya pemilihan sungguhan, para guru dan relawan Indonesia Mengajar yang menelorkan program kelas Inspirasi ini menyediakan peralatan coblosan.

Dua pasang siswa diajak maju sebagai kandidat presiden dan wakil-nya. Mereka pun antusias mengikuti coblosan di dalam ruang kelas. Pemilihan presiden relative berlangsung lancar. Para siswa mencoblos secara bergantian.

Wali kota yang diusung PDI Perjuangan itu juga memperlihatkan profil Kota Wisata Batu, termasuk profil Desa Gunungsari yang memiliki potensi peternakan dan pertanian bunga mawar. Terakhir, siswa diminta memberikan saran kepada Pemkot. Mereka banyak menyarankan supaya Pemkot memperhatikan sarana pendidikan.

Selain ER, kelas inspirasi ini mendatangkan profesi lain, seperti, Rahma Amalia, manajer salah satu hotel di Kota Batu, Austina Lukita Lusi sebagai auditor, Nunik Yulianti Rahdini sebagai dokter hewan.

ER juga minta agar siswa memiliki semangat untuk belajar, dan memiliki cita-cita sebagai seorang pemimpin. Tak kalah penting, mewujudkan mimpi tersebut dengan meningkatkan kreativitas dan semangat belajarnya.

”Harus belajar yang tekun dan rajin. Kedepan anak-anakku yang ada disini bisa menjadi seorang pemimpin besar,” kata ER.

Di tahun 2014 ini, kelas inspirasi dilaksanakan serempak di 29 kota dan kabupaten di Jawa Timur, dan melibatkan seribu lebih profesional dari berbagai bidang. Selain Eddy, Ketua Penggerak PKK Kota Batu Dewanti Rumpoko juga mengajar di SDN 1 Gunungsari. (sa/*)