oleh

Emak-e Arek Suroboyo Jadi Mensos, Awi: Selamat kepada Ibu Risma

SURABAYA – Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono merasa bangga atas terpilihnya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi menteri sosial (Mensos).

Politisi yang juga Ketua DPRD Surabaya ini menyampaikan ucapan selamat kepada Risma yang rencananya bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama lima menteri baru lainnya, pada Rabu (23/12/2020).

“Selamat kepada Ibu Risma atas tugas baru dari Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial. Tugas yang diamanatkan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri. Saya bangga sesama kader,” kata Adi, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Tanggapi Isu Bakal Jadi Mensos, Risma: Saya Ikut Ibu Mega

Menurut Awi, sapaan akrabnya, tidak saja dirinya, tapi juga kebanggaan warga Surabaya. Risma selama ini juga telah dianggap sebagai ibu dan emak bagi arek-arek Suroboyo.

Selama 10 tahun menjadi Wali Kota Surabaya, Risma di mata Adi kaya akan rekam jejak dengan berbagai inovasi kebijakan. Programnya dinikmati dan dirasakan warga Surabaya.

Sebagai misal, program pemberian paket makanan setiap hari bagi warga usia lanjut, warga disabilitas, dan anak-anak yatim piatu.

Risma juga berhasil melakukan pendataan warga kurang mampu melalui basis data Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dengan basis data itu, warga dapat menikmati berbagai intervensi kebijakan di bidang kesehatan, pendidikan, dan program sosial lain.

“Bu Risma juga tangguh memimpin Surabaya menghadapi pandemi Covid-19, sehingga situasi Surabaya membaik,” sebut Awi.

Risma juga dinilai sebagai tipe pemimpin yang sering blusukan, ketemu langsung dengan warga, dan melihat situasi di masyarakat dari fakta-fakta yang ditemui di lapangan.

Mantan wartawan ini pun percaya, penugasan kepada Risma sebagai kader partai, di antaranya didasari berbagai rekam jejak yang kuat disertai inovasi selama memimpin Surabaya. 

“Selamat bertugas Ibu Risma di tempat pengabdian baru untuk masyarakat dan negara Indonesia,” ucap Awi. (goek)

rekening gotong royong