Elite Parpol Lain pun Incar Rekomendasi Cakada dari PDIP

SURABAYA – PDI Perjuangan menjadi daya tarik dan harapan bagi kandidat kepala daerah maupun kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada Jawa Timur 2020. Banyak kader partai politik lain ikut berebut tiket rekomendasi dari partai pemenang pemilu tersebut.

Terbukti, di proses penjaringan dan penyaringan yang digelar PDI Perjuangan untuk 19 pilkada se-Jatim, mereka mengikuti tahapan penjaringan hingga penyaringan tahap pertama, yakni fit and proper test di kantor DPD PDIP Jatim, Rabu-Kamis (19-20/9/2019).

Baca juga:

1.Dalami Popularitas dan Elektabilitas Bakal Calon, PDIP Jatim Gelar Survei

2.Siap Ikut Pilkada 2020, Ini Kepala Daerah yang Ikut Fit and Proper Test di PDIP Jatim

Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPD PDI Perjuangan Jatim Budi Sulistyono mengakui, banyak kader partai lain dari berbagai daerah yang ikut mendaftar dan mengikuti proses uji kepatutan dan kelayakan calon kepala daerah Jatim dari PDIP.

“Beberapa kader dari partai lain memang mendaftar dan mengikuti prosesnya,” jelas Budi Sulistyono, Kamis (19/9/2019).

Beberapa kader dari partai lain yang mendaftar di PDIP antara lain Bendahara DPW PAN Jatim Agus Maimun sebagai bakal calon Bupati Tuban, Ketua Bappilu DPW Nasdem Ipong Muchlissoni sebagai bakal calon Bupati Ponorogo, pengurus DPW PKB Jatim Kartika Hidayati sebagai bakal calon Bupati Lamongan, serta beberapa nama lainnya.

Politisi yang juga Bupati Ngawi ini menjelaskan alasan kader partai lain yang berebut tiket dari PDIP. Di antaranya ada yang memang ingin berangkat dari PDIP, ada yang ingin karena koalisi, dan ada juga yang ingin digandeng dan berpasangan dengan calon dari kader PDIP.

“Ada yang ingin diberangkatkan PDI Perjuangan, ingin berkoalisi dan pasangannya dari internal kami. Ada yang ingin jadi bakal calon kepala daerah, ada yang wakil,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo yang juga Ketua Bappilu Partai NasDem Jatim Ipong Muchlissoni, juga mengaku mengikuti proses di PDIP dengan alasan sebagai upayanya untuk merangkul semua kekuatan partai politik di Jatim.

“PDI Perjuangan sebagai salah satu kekuatan yang harus dirangkul agar menjadi koalisi besar di Ponorogo. Saya berharap bisa bersama-sama PDIP maju di Pilkada Ponorogo tahun 2020,” katanya.

Keseriusannya menggandeng PDI Perjuangan pun dia lakukan dengan silaturahmi ke kantor DPC PDIP Ponorogo pada Kamis sore. Sebelumnya, pada pagi hari, dia mengikuti fit and proper test di kantor DPD PDIP Jatim di Surabaya.

Meski sudah memiliki 10 kursi di DPRD melalui Partai Nasdem, Ipong mengaku membutuhkan ‘kawan’ dalam maju Pilkada kali ini. Sebab, diakui, maju dengan mengusung partai sendiri dia mengaku capek.

Diiringi Reyog Ponorogo dengan mengusung 5 unit dadak merak, 5 jathil dan 5 pujangganong, Ipong mendatangi kantor DPC PDI Perjuangan Ponorogo, di Jalan Budi Utomo. Ipong pun ditemui Ketua DPDC PDIP Ponorogo Bambang Juwono. (goek)