Elektabilitas Gus Ipul – Mbak Puti Bakal Makin Melambung di Tapal Kuda

SURABAYA – Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo, Slamet Suprapto sangat yakin, Puti Guntur Soekarno sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur makin melambungkan elektabilitas calon gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

“Hadirnya Mbak Puti, menjadi kekuatan yang lebih di kawasan Tapal Kuda. Meski tidak dikenal awalnya, sekarang banyak masyarakat umum yang mencari tahu siapa beliau,” kata Slamet, saat di RS Graha Amerta Surabaya, kemarin.

Sementara di internal partai, sebut Slamet, sosok Puti juga menjadi penyemangat baru, setelah mundurnya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dari pencalonnya sebagai cawagub.

Menurutnya, suara di internal PDI Perjuangan akan menjadi lebih bulat.

“Masyarakat Probolinggo mayoritas religius dan nasionalis. Mbak Puti representasi nasionalis. Sementara Gus Ipul merepresentasikan religius yang di masyarakat kita lebih banyak condong ke kyai,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno optimistis, Puti akan mendulang suara kemenangan bagi pasangan Gus Ipul – Mbak Puti terbanyak di kawasan Mataraman.

“Banteng-banteng kami di Mataraman sudah bangun semua. Apalagi setelah tahu dipilihnya Mbak Puti menggantikan Anas,” ujarnya, di sela mendampingi Puti di Graha Amerta.

Untari bersyukur, sambutan positif datang atas hadirnya Puti, baik dari internal ataupun dari luar PDI-Perjuangan.

“Kemarin kawan-kawan yang ada di partai sangat mendukung Mbak Puti. Karena dia dianggap sebagai representasi Mas Guntur,” jelasnya.

Guntur Soekarnoputra adalah ayahnya Puti. Guntur memutuskan tidak lagi berkecimpung di dunia politik.

“Hadirnya Puti seolah mengobati kerinduannya masyarakat Jawa Timur atas sosok Mas Guntur,” tambah wanita yang juga Sekretaris Tim Pemenangan Gus Ipul – Mbak Puti.

Perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini menambahkan, Puti sendiri akan mampu menyapu bersih suara PDIP di Jatim, yang berkisar 19 persen dari total suara.

Bahkan, itu belum ditambah dari kalangan nasionalis yang sebelumnya di luar konstituen PDI Perjuangan.

“Karena ada orang-orang nasionalis dari luar PDIP, mereka secara pribadi telepon dan mengaku senang dan akan mendukung terpilihnya Puti sebagai Wakil Gubernur pendamping Gus Ipul,” ungkapnya. (goek)