Elektabilitas 01 Tinggalkan 02 di Survei CSIS, Sekretaris TKN: Good News!

JAKARTA – Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan elektabilitas pasangan Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul 18,1 persen dari Prabowo-Sandiaga.

Hasil survei CSIS merekam pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul dengan elektabilitas mencapai 51,4 persen. Sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapat elektabilitas sebesar 33,3 persen.

Sementara yang tidak menjawab ada 14,1 persen. Adapun yang belum menentukan pilihan sebanyak 1,2 persen.           

Baca: CSIS: Selisih Suara Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi 18,1 Persen

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menyambut baik hasil survei institusi independen dan bipartisan yang melakukan penelitian kebijakan dan analisis strategis dalam politik, ekonomi, dan keamanan tersebut.

“Ya bagus. Apalagi ada 14 undecided. Kalau itu terbagi secara proporsional saja, itu sudah di atas 59 persen. Ya good news,” kata Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Hasto menyebut hasil survei CSIS menjadi penyemangat TKN untuk berjuang memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

Baca juga: Hasil Survei Tak Akan Banyak Berubah Saat Coblosan, CSIS: Elektabilitas PDIP Tertinggi

“Itu semangat bagi kami untuk terus berjuang. Apalagi sekarang momentum untuk partai terus berjuang satu napas memenangkan partai dan memenangkan Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” jelas Sekjen PDI Perjuangan tersebut.

Sementara itu, Cawapres Ma’ruf Amin mengatakan, pihaknya tak akan terbuai dengan hasil survei CSIS.

“Kami tidak putus asa, tidak puas. Kami juga tidak terbuai oleh hasil survei. Jadi kamj jadikan rujukan. Kami akan terus berjuang,” kata Ma’ruf .

Dia minta seluruh tim kampanye nasional, relawan, dan pendukung tidak terbuai dengan hasil survei yang menyebutkan Jokowi-Ma’ruf unggul.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu ingin unggul dari Prabowo-Sandi dengan selisih yang besar, yakni hingga 30 persen.

“Menurut informasi sisa 14 persen sudah banyak yang menentukan pilihan dan mengarah ke 01. Mudah-mudahan itu survei yang mendekati kenyataan,” harap dia. (goek)