Dukungan Mengalir di Lokasi Lumpur Lapindo

perwakilan korban lumpur LapindoSIDOARJO – Di bawah sengatan terik matahari di atas tanggul lumpur Lapindo, Sidoarjo, Kamis (9/5/2014) sore, pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ir Joko Widodo -Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mendapat dukungan dari 4 kelompok sekaligus. Deklarasi dukungan itu disampaikan di hadapan Jokowi yang tiba di lokasi sekira pukul 15.30 WIB usai berkunjung dari Cirebon dan Bandung.

Keempat kelompok itu adalah Jaringan Rakyat Miskin Indonesia (Urban Poor Concortium-UPC), Asosiasi Pengusaha Perlengkapan Pernikahan Surabaya (P3S), Relawan Asosiasi Pemuda untuk Jokowi Jusuf Kalla (Relawan Aswaja) dan Pendukung Sutrisno Bachir (elemen PAN).

UPC menghadirkan perwakilan dari beberapa kota di Indonesia, di antaranya Kendari, Pare-Pare, Surabaya, Manado, Lampung, Sidoarjo, Aceh, Medan, dan Pontianak. Sementara itu pendukung Sutrisno Bachir mengaku membawa 2 bus rombongan dari Jakarta untuk menjadi saksi pernyataan dukungan.

Baca juga: Jokowi Teken Kontrak Politik Korban Lapindo

“Jokowi adalah calon presiden yang keislamannya sudah tak lagi diragukan. Ia capres yang dekat dengan kita dan mengerti keinginan kita. Hari ini kita melihat sendiri komitmennya untuk memperjuangkan nasib rakyat kecil dengan ditandatanganinya kontrak politik di hadapan rakyat,” seru seorang Relawan Aswaja dalam pidatonya.

Di acara ini, Jokowi menandatangani kontrak politik berisi lima hal yaitu program Indonesia sehat, Indonesia pintar, pemukiman tidak digusur tapi digeser, dana talangan untuk korban Lapindo, jaminan pekerjaan bagi para korban Lapindo.

Sebelumnya, Jokowi menerima lumpur yang diserahkan 3 manusia lumpur sebagai penanda kepercayaan rakyat pada Jokowi untuk menyelesaikan persoalan korban Lapindo yang terkatung-katung hingga 8 tahun ini. (sa)

Foto-foto lebih lengkap dan besar, klik: Di Sini