Dukung Jokowi, Buruh-Pekerja Seni Malang Deklarasikan IRR

Rieke Oneng IRR MalangMALANG – Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka kembali menghadiri kelompok relawan di Jawa Timur yang mendeklarasikan diri dan mendukung calon presiden Joko Widodo. Deklarasi relawan kali ini dilakukan Indonesia Rumah Rakyat (IRR) di Malang pada Rabu (14/5/2014) malam.

Deklarasi diiikuti aktivis buruh di Jawa Timur. Tampak juga Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Malang Kresna Dewanata Phrosakh yang juga caleg DPR RI terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Malang Raya, serta beberapa budayawan dan sastrawan yang ikut mengisi acara dengan pembacaan puisi perjuangan.

Di acara itu, Rieke yakin bergabungnya sejumlah pekerja seni, budayawan dan aktivis lainnya di Malang sebagai salah satu jalan perubahan melalui kebudayaan. “Saya orang yang meyakini jalan perubahan adalah jalan kebudayaan,” tandasnya.

Ecik Wijaya, Koordinator deklarasi IRR Malang mengatakan, IRR murni ide Rieke Diah Pitaloka yang juga seniman dan artis serta pejuang buruh. “IRR ini akan dilaunching di seluruh kota-kota besar di Indonesia,” kata Ecik.

Tujuan IRR, lanjut Ecik adalah untuk mengumpulkan para relawan Jokowi yang ada di Kota Malang. Jika Jokowi jadi presiden, pihaknya berharap masyarakat, seniman, buruh dan seluruh rakyat Indonesia bisa lebih diperhatikan.

Seusai pembacaan puisi oleh para sastrawan, giliran Rieke Diah Pitaloka membacakan puisi berjudul “Good boy-good boy”. Puisi itu bertema kritikan terhadap kebijakan pemerintah saat ini yang kurang memerhatikan rakyat kecil. (*)