DPRD Nganjuk Kawal Realisasi Pengadaan Mobil Siaga Desa

NGANJUK – Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono menegaskan, pihaknya berkomitmen mengawal realisasi pengadaan mobil siaga desa.

Menurut Tatit, DPRD sudah menyetujui realisasi pengadaan mobil siaga desa pada tahun 2020 ini dengan anggaran sekitar Rp 10 miliar. Anggaran tersebut diperuntukkan sekitar 80-an mobil siaga desa.

“Bentuk komitmen kami adalah menyetujui anggaran pengadaan mobil siaga desa seperti aspirasi yang disampaikan rekan-rekan Asosiasi Kepala Desa (AKD). Dan kami pastikan bahwa kedepan akan kami kawal terus sampai tuntas untuk seluruh desa di Kabupaten Nganjuk,” kata Tatit.

Penegasan ini dia sampaikan di depan puluhan perwakilan AKD dari seluruh kecamatan di Nganjuk, yang mengikuti hearing dengan Komisi I DPRD Nganjuk, Rabu (15/1/2020).

Hadir dalam rapat dengar pendapat yang digelar di ruang rapat paripurna ini, Ketua Komisi I DPRD Nganjuk Mashudi, beserta para anggotanya, Asisten Pemerintahan Pemkab Nganjuk Syamsul Huda bersama sejumlah pejabat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Nganjuk.

Jubir AKD Nganjuk Ahmad Syarif menjelaskan, kedatangan perwakilan AKD untuk menyampaikan beberapa poin aspirasi. Di antaranya tentang pengembalian hak asal usul desa, serta tata cara pengisian pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Tak hanya itu, Syarif juga membeberkan bahwa pihaknya ingin pengadaan Mobil Siaga Desa segera direalisasikan untuk seluruh desa se Kabupaten Nganjuk.

Poin selanjutnya yang dipaparkan yakni tentang pencairan dana desa supaya tidak selalu menjelang akhir tahun. Sebab desa sering kesulitan untuk pelaksanaan kegiatan mengejar target waktu yang mepet tutup tahun anggaran.

Menanggapi hal itu, Tatit menyatakan, semua aspirasi yang disampaikan AKD menjadi masukan konstruktif terutama untuk pembahasan Raperda yang berkaitan dengan Pemerintahan Desa.

“Masukan-masukan itu bagus untuk kami. Nanti itu (masukan) menjadi bahan referensi bagi kami untuk pembahasan Raperda,” tegas wakil rakyat yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Nganjuk ini.

Sementara Ketua AKD Nganjuk Dedy Nawan mengatakan, pihaknya menyampaikan beberapa aspirasi berdasarkan hasil musyawarah anggotanya.

“Kami berharap usulan-usulan tadi bisa dipertimbangkan dan dibantu diperjuangkan oleh anggota DPRD,” ujarnya.

Menurut Dedy, usulan-usulan yang disampaikan sangat dibutuhkan masyarakat serta demi keberlangsungan pemerintahan desa yang semakin baik.

“Misalnya seperti pengadaan mobil siaga desa itu sangat dibutuhkan masyarakat. Kami sebagai pelayan masyarakat berkewajiban untuk mengusahakan ini supaya segera terealisasi untuk seluruh desa di Kabupaten Nganjuk,” ungkap Dedy. (endyk)