DPRD Nganjuk Inginkan Sekda yang Baru Seperti Ini

Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono

NGANJUK –  Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono berharap, seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk benar-benar fair dan yang terpilih nanti bisa menjadi pimpinan eksekutif tertinggi yang dapat menjalankan peran strategis pemerintahan daerah.

Sekda terpilih nantinya, tambah Tatit, harus mampu menyiapkan, menyusun, dan menyepakati program legislatf daerah (Prolegda) dengan DPRD. Juga menjaga kestabilan kinerja aparatur masing-masing SKPD untuk mensinergikan implementasi kebijakan daerah melalui program-program nyata bagi masyarakat.

 “Yang terpenting, siapapun yang terpilih nanti, mampu menjalankan amanah dalam mengimplementasikan tugas dan fungsi tersebut,” kata Tatit, kemarin.

Ketua DPRD yang akrab disapa Kang Tatit ini menambahkan, Sekda terpilih nantinya diharapkan benar-benar mampu menjalankan program daerah secara teoritis mempunyai beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalannya.

Di antaranya, lingkungan, nilai sumber daya, profesionalisme, politik, dan birokrasi. Karena kompetensi sekda adalah kekuatan utama dalam mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut untuk lancar atau terhambatnya setiap implementasi kebijakan pemerintah dalam pembangunan daerah

Pihaknya ingin, sekda terpilih nanti tidak seperti yang sebelumnya, yang belum mampu berperan aktif dan sering menimbulkan kebuntuan komunikasi antara eksekutif dengan legislatif.

Selain itu, tambah pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Nganjuk ini, sekda yang terpilih nanti, benar-benar mempunyai kompetensi dari berbagai pengalaman serta kualifikasi pendidikan yang dimilikinya bisa menjadi salah satu modal untuk mengemban amanah.

“Tapi kemampuan memahami dan mengadopsi nilai prinsif misalnya keikhlasan dan kepercayaan juga perlu dijunjung tinggi serta mampu mengadopsi nilai-nilai lokal yang dapat mensinergikan seluruh program daerah,” pungkasnya.

Diketahui, tiga nama peserta seleksi pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk kini telah diumumkan oleh Pansel Sekda Nganjuk 2020.

Ketiganya yakni, Drs Mokhamad Yasin, MSi (Kepala Dinas Pendidikan) Drs. Nur Solekan, MSi (Pejabat Sekda/Kepala Dinas Perhubungan) dan Dr. Sopingi, AP, MM (Kepala Badan Kepegawaian Daerah)  Ketiga nama tersebut dilaporkan ke pejabat pembina Kepegawaian Kabupaten Nganjuk dan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) serta dilaporkan ke Gubernur Jawa Timur pada Rabu (29/7/2020) untuk mendapat persetujuan. (endyk)