DPD PDI-P Jatim Petakan 62 Bakal Calon Kepala Daerah

image

SURABAYA – Dewan Pimpinan Pusat PDI perjuangan melalui Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur melakukan penyaringan tahap pertama terhadap puluhan bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah dari 10 kabupaten/kota di Jatim. Acara digelar di Sekretariat DPD PDI-P Jatim, Minggu (3/5/2015) siang.

Menurut Ketua DPD Jatim, Kusnadi SH, acara dilaksanakan menyusul hasil rapat koordinasi DPD dengan DPP beberapa saat lalu. DPD ditugaskan melakukan pemetaan politik terhadap kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada. Dan, pemetaan terhadap masing-masing bakal calon yang sebelumnya terjaring dalam proses penjaringan di tingkat kabupaten/kota.
  
“Jadi, hari ini kami memetakan potensi masing-masing bakal calon melalui proses wawancara. Satu bakal calon diwawancara oleh satu tim yang terdiri dari 4-5 pengurus DPD,” kata Kusnadi.

Materi wawancara di antaranya terkait penguasaan pengetahuan masing-masing bakal calon terhadap daerahnya, potensi daerah, serta jaringan yang dimiliki. Termasuk tingkat popularitas dan elektabilitas bakal calon. Selain itu, pemahaman terhadap program nawacita yang dijalankan pemerintah pusat.

“Soal program pemerintah pusat, bakal calon harus menyepakati. Sebab PDI Perjuangan adalah partai pendukung pemerintah,” kata Kusnadi dalam pengarahannya kepada para bakal calon.

Berikutnya, lanjut Kusnadi, tim DPD akan membuat kesimpulan-kesimpulan atas hasil  wawancara yang telah dilakukan untuk diteruskan ke DPP. “DPP juga akan menggali potensi masing-masing calon dengan melakukan tes tulis, wawancara, serta psikotes. Proses ini, nantinya, akan dilakukan tim DPP di DPD,” terang Kusnadi.

Puluhan para bakal calon tadinya terjaring dari sepuluh Dewan Pimpinan Cabang kabupaten/kota. Di antaranya dari Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Gresik, Lamongan, Jember, Banyuwangi, Trenggalek, Sumenep, Ngawi, dan Kota Blitar.

Dari 62 bakal calon yang terjaring di tingkat cabang, sebanyak 41 orang terjaring sebagai bakal calon bupati/walikota dan 21 orang bakal calon wakil bupati/wakil walikota. Sejumlah bakal calon petahana yang pada periode lalu mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan turut dalam proses ini. Tampak juga beberapa petahana yang tadinya direkomendasi partai lain, mengikuti proses yang sama.

Berikut nama-nama bakal calon petahana yang mengikuti proses penyaringan tahap pertama di DPD Jatim hari ini.

1.      Ir Budi Sulistyono (Bupati Ngawi)
2.      Ony Anwar Harsono (Wabup Ngawi)
3.      Haryanti Sutrisno (Bupati Kediri)
4.      Drs H Masykuri (Wabup Kediri)
5.      M Samanhudi Anwar (Kota Blitar)
6.      Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi)
7.      Yusuf Widyatmoko (Wabup Banyuwangi)
8.      Kusen Andalas (Bupati Jember)
9.      Kholiq (Wabup Trenggalek), (bersurat izin Umroh)
10.  KH A Busyro Karim (Sumenep)
11.  KH Mustofa Kemal Pasha (Bupati Mojokerto)
12.  Hj Choirun Nisa (Wabup Mojokerto)
13.  H.Fadeli (Lamongan). (ure)