DPC Trenggalek Gelar Parade Batu Mulia Nasional

batu akikTRENGGALEK – Merespon maraknya tren batu mulia di masyarakat, DPC PDI Perjuangan Trenggalek berinisiatif akan menggelar Parade Batu Mulia Nasional. Event ini bakal digelar di lahan depan kantor DPC PDI Perjuangan Trenggalek, mulai 22 hingga 24 Mei 2015 depan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek Doding Rahmadi menjanjikan event ini akan menjadi festival batu mulia pertama dan terbesar di Trenggalek. “Kita ingin angkat potensi akik (batu mulia-red) Trenggalek. Selama ini batu dari Trenggalek hanya diambil untuk diproduksi di daerah lain,” kata Doding, Selasa (19/5/2015).

Dengan menggelar event seperti ini, kata Doding, pihaknya ingin menunjukkan bahwa PDI Perjuangan juga peduli pada perkembangan industri kreatif di daerah.

“Kita hadirkan batu mulia langsung dari penambangnya. Jadi bagi yang ingin berburu batu mentah bisa memilih sendiri sesuai selera,” tambah dia.

Menurut Doding, jenis batu dari Trenggalek yang banyak digemari adalah jenis lumut pancawarna, chalcedony, dan kecubung. “Yang jenis pancawarna khas Trenggalek itu sangat kaya motif. Bahkan ada yang hijau seperti ornamen aquarium,” jelasnya.

Bertempat di area kantor DPC PDI Perjuangan Trenggalek, parade akik ini akan diikuti puluhan pengrajin batu akik dari berbagai daerah. “Rencananya di halaman kantor untuk bazaar akik, dan di aula lantai 2 untuk kontes akik,” terang Doding.

Selain menggelar kontes acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan musik elektone. (sa)