DPC Surabaya Ulang Sukses Pemilu 1999

Mega kampanye Lap ThorSEKRETARIS DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Ir Armuji memprediksi PDI Perjuangan bisa mendapatkan 22 kursi DPRD setempat dalam Pemilu 2014. Perolehan suara terbanyak terjadi di daerah pemilihan (dapil) 1, 2 dan 4.

“Di beberapa dapil seperti dapil 4, 1 dan 2 perolehan kursi rata-rata 4-5 kursi,” kata Armuji, Jumat (12/4/2014)

Jika prediksi Armuji benar, maka perolehan suara PDI Perjuangan pada Pemilu legislatif 2014 ini meningkat 100 persen lebih ketimbang pemilu sebelumnya. Pada pemilu 2009 lalu, PDI Perjuangan hanya mendapatkan delapan kursi di DPRD Surabaya.

Sebelumnya, Bendahara DPC Baktiono mengatakan, jika prediksi target terpenuhi, maka PDI Perjuangan mengulang sukses Pileg 1999. Saat itu, PDI Perjuangan mampu meraih 22 kursi dari 45 kursi DPRD Kota Surabaya.

Menurut dia, kunci sukses kemenangan PDI Perjuangan di Kota Surabaya karena kondisi internal partai cukup kondusif. Artinya tidak ada gegeran yang bisa menguras energi, sehingga semua bisa fokus pada pemenangan pemilu.

Selain itu, tambah dia, kemenangan juga dipengaruhi faktor keluarnya instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soaekarnoputri agar kader-kadernya bekerja maksimal, semangat dan menjaga kebersamaan dan persatuan. ”Inilah yang membuat PDI Perjuangan unggul. Karena itu kita mengucapkan terima kasih kepada warga Surabaya yang masih mempercayai PDI Perjuangan,” ujarnya.

Saat ini, penghitungan suara Pemilu 2014 secara manual masih dalam proses. DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menginstruksikan kepada seluruh kader untuk mengawal hasil perhitungan suara di tingkat TPS hingga ke KPU setempat.

Langkah itu, sebut Armuji, untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan hasil Pemilu 2014. “Kita jaga hasil perhitungan, supaya tidak ada kecurangan yang merugikan semua partai,” ujarnya.

Seluruh formulir C-1 hasil penghitungan suara di tingkat TPS, terang Armuji, terkumpul pada Kamis (10/4/2014). Menurut dia, formulir C-1 merupakan bukti otentik hasil perhitungan suara yang tidak bisa direkayasa. (pri)