DPC Surabaya: Pelantikan Risma – Whisnu 15 Februari

pdip-jatim-didong-profing-surat-suaraSURABAYA– DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya mendapat informasi soal pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana, akan digelar 15 Februari 2016.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Didik Prasetiyono mengatakan, pihaknya telah mendapat kabar bahwa Mendagri sudah membuat jadwal pelantikan pasangan bupati dan wali kota terpilih, pada 15 Februari.

“Tentunya itu untuk kepala daerah terpilih yang tidak ada sengketa pilkada. Tapi kita masih menunggu surat resminya,” kata Didik Prasetiyono, kemarin.

Terkait hal itu, kata Didik, pasangan Risma-Whisnu telah menyiapkan diri untuk pelantikan tersebut. Bahkan menjelang pelantikan itu, lanjut dia, Risma dan Whisnu telah siap dengan program kerja secara optimal.

“Dalam istilah Suroboyoan, Bu Risma dan Mas Whisnu siap ‘gas pol’ setelah dilantik,” ujarnya.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo mengemukakan, pelantikan kepala daerah tingkat dua terpilih, yakni bupati/wali kota rencananya akan dilantik secara serentak pada 15 Februari.

Sedang pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, 11-12 Februari depan. “Pelantikan tersebut untuk kepala daerah yang tak bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Tjahjo.

Tjahjo mengakui, semula ada wacana pelantikan bupati/wali kota juga dilakukan di Istana Negara. Namun ia tidak menutup kemungkinan tersebut batal.

Jika batal, maka para bupati/wali kota hasil pilkada serentak akan dilantik di ibu kota provinsi masing-masing. “Pelantikannya di ibu kota provinsi masing-masing,” jelas Tjahjo. (goek/*)