DPC PDI Perjuangan Jember Mulai Jaring Bakal Calon Bupati

pdip jatim - ilustrasi pilkadaJEMBER – Mulai hari ini, Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Jember menjaring kandidat calon kepala daerah. Hingga Sabtu (27/12/2014), DPC memberi kesempatan bagi siapa saja yang memenuhi syarat untuk mendaftar.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Jember Lukman Winarno mengatakan, pendaftaran bakal calon bupati ini untuk menghadapil Pilkada Jember 2015. Pendaftaran dibuka di kantor DPC PDI Perjuangan setempat sejak Kamis (25/12/2014) hingga Sabtu (27/12/2014).

Menurut Lukman, mekanisme pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) itu sudah menjadi perintah Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan. “Ini sesuai perintah DPP, terutama untuk daerah yang menggelar pilkada,” kata Lukman Winarno, kemarin.

Mekanisme penentuan calon kepala daerah, jelas Lukman, dilakukan dengan dua cara. Yakni membuka pendaftaran bacabup dan menggelar rapat kerja cabang khusus (rakercabsus). Di forum rakercabsus ini, DPC mengumpulkan seluruh pengurus sampai tingkat bawah untuk menyerap aspirasi terkait bacabup yang layak memimpin Jember lima tahun ke depan.

“Tidak ada syarat khusus untuk mendaftarkan diri dan pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis. Silakan mendaftar di kantor DPC PDI Perjuangan Jember,” ujarnya.

Nama-nama yang bakal calon yang terjaring, akan dikirmkan ke DPP melalui DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. DPP-lah nanti yang mengeluarkan rekomendasi siapa yang diusung PDI Perjuangan di Pilkada Jember 2015. (pri)