DPC Nganjuk Gelar Gede-gedean Ketela

Lomba gede2an Ketela-NganjukDEPARTEMEN Pertanian Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk menggelar Lomba Produktivitas Tanaman Singkong Mangu. Perlombaan ini dilakukan antar kelompok tani se-Kabupaten Nganjuk di bawah binaan DPC PDI Perjuangan Kabupaten.

Acara yang digelar di kantor DPC itu sangat diminati para kelompok tani, ini terbukti dengan banyaknya para peserta . “Antusias para perserta ini di luar dugaan panitia, perkiraan kami hanya sekitar 50 kelompok tani, ternyata ada lebih dari 80 kelompok tani yang mengikuti Lomba Gede Gedean dan Terberat Singkong Mangu ini ” kata Anang Triyono, Ketua Departemen Pertanian, kemarin.

Acara lomba memperebutkan seekor sapi untuk juara pertama, empat ekor kambing bagi juara dua ini dibuka langsung oleh Ketua DPC Drs H Taufiqurrahman. “Terima kasih pada semua kelompok tani yang sangat mengrapresiasi lomba ini. Jenis ketela mangu ini sangat beda dengan jenis ketela lannya. Dengan masa tanam yang sama dengan jenis ketela lainnya, tapi hasilnnya sangat lebih banyak ketela mangu,” kata Taufiq.

Dengan hasil yang sangat menjanjikan ini, Taufiq berharap pada para petani ketela beralih ke jenis ketela mangu, karena dari jenis ketela ini bisa meningkatkan nilai ekonomis  yang cukup tinggi. “Coba bayangkan dari satu batang ketela mangu ini bisa menghasilkan 15 kg sampai 23 kg dari masa tanam antara 8 sampai 10 bulan,” jelas Taufiq, yang juga Bupati Nganjuk itu.

Program penanaman ketela mangu, tambah dia, adalah program DPP PDI Perjuangan dalam upaya menyongsong terwujudnya kedaulatan pangan di Indonesia. “Masak di negeri yang dikenal gemah ripah loh jinawi kita masih harus impor bawang merah, impor beras, impor lombok, impor daging sapi, bahkan juga impor ketela,” ucapnya.

Lomba produktivitas tanaman ketela mangu dimenangkan kelompok tani dari Desa Ngasem  Kecamatan Jatikalen. Kelompok tani binaan Anik Rahayu SE, caleg PDI Perjuangan dari daerah pemilihan 3 no urut 3 seberat 23,50 Kg ini berhak mendapatkan seekor sapi.

Sedang untuk juara 2 diraih kelompok tani Sri Rejeki Desa Nggoklinggo Kecamatan Rejoso dengan berat ketela mangu 21.50. Kelompok tani di bawah binaan Sri Suharmi caleg dapil 2 dengan no urut 6 ini berhak membawa pulang dua ekor kambing. Sementara untuk pemenang berikutnya panitia menyediakan hadiah kelinci telinga panjang dan bebek. (endyk)