Diserahkan, 2 Buku dari Mas Nanan untuk Wartawan

JAKARTA – Ketua Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif DPP PDI Perjuangan Prananda Prabowo memenuhi janjinya kepada wartawan peliput Kongres V PDIP. Yakni memberikan souvenir berupa buku khusus berjudul ‘Satyam Eva Jayate’ dan komik seri ‘Bung Karno Bapak Bangsa’.

Politisi yang akrab disapa Mas Nanan ini adalah putra Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Selain menjadi Ketua DPP, pria kelahiran 23 April 1970 itu juga mengepalai Pusat Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) PDI Perjuangan.

Komik Bung Karno Bapak Bangsa yang bersampul luks terdiri dari 36 halaman. Isinya menampilkan kisah hidup Bung Karno sejak kelahirannya, hingga diangkat menjadi Presiden Pertama RI dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945.

Adapun buku Satyam Eva Jayate bersampul gambar wajah Megawati. Isinya berisi perjalanan hidup Presiden Kelima RI itu sejak kecil, masa-masa ditekan rezim Orde Baru, hingga hal-hal teraktual.

Secara simbolis, Megawati menyerahkan dua buku itu kepada perwakilan media, yakni reporter televisi bernama Rivana Pratiwi dan jurnalis media online Putu Merta Surya di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

“Ini sebagai sebuah pengetahuan saja, seperti apa, siapa, bagaimana seorang yang namanya Megawati Soekarnoputri itu,” ujar putri Proklamator RI Bung Karno itu dalam sambutannya.

Tokoh kelahiran 23 Januari 1947 itu menuturkan, banyak yang tak tahu dan salah memahami dirinya dan PDIP. “Saya berharap ini menjadi semacam pegangan sehingga seperti isi buku itulah cuplikan perjalanan hidup saya,” lanjut Megawati.

Nanan ikut menyaksikan penyerahan kedua buku untuk para jurnalis tersebut. Ada pula Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan sejumlah pengurus DPP, antara lain Puan Maharani, Bambang Wuryanto, Nusyirwan Soejono, Hamka Haq, Djarot Saiful Hidayat, Ribka Tjiptaning dan Ahmad Basarah.

Seperti diberitakan, usai penutupan Kongres V di Bali beberapa waktu lalu. Nanan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya media massa yang telah menyebarkan informasi mengenai Kongres V di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar, sejak Kamis (8/8/2019) hingga Minggu (10/8/2019).

“Kami, PDI Perjuangan mengucapkan terima kasih untuk rekan-rekan media dan untuk itu saya akan menyerahkan suvenir bahan-bahan yang dipergunakan jadi materi kongres,” ucap Nanan.

Nanan yang baru didapuk sebagai Ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi Digital DPP PDI Perjuangan itu juga turut berkomentar mengenai jabatannya. Termasuk tanggapannya soal struktur keseluruhan DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024.

Baginya, apa pun jabatannya, seluruh kader PDI Perjuangan diwajibkan untuk benar-benar bekerja keras mewujudkan prinsip partai pelopor. Kader PDI Perjuangan harus menjadi kader partai pelopor.

“Pada prinsipnya, secara keseluruhan kami sebagai partai pelopor itu akan solid bergerak untuk Indonesia Raya,” kata Nanan. (goek)