Dipercaya Pimpin RI, Jokowi-Ma’ruf Ucapkan Terima Kasih kepada Seluruh Rakyat

JAKARTA – Calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, bersama Cawapres KH Ma’ruf Amin, untuk memimpin negara periode 2019-2024.

Ucapan terima kasih itu disampaikan Jokowi dalam pidato di kampung deret, di RT 13 RW 01, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Jokowi berbicara didampingi KH Ma’ruf Amin di tengah kerumunan warga kampung deret. Pidato tersebut menyikapi rampungnya rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa dini hari.

Baca juga: Rekapitulasi Nasional Tuntas, Jokowi-Ma’ruf Jawara Pilpres 2019

“Saya dan Pak Kiai H Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua,” ucap Jokowi.

Dia mengatakan, kepercayaan dan amanah rakyat tersebut akan diwujudkan dalam program-program pembangunan yang adil dan beradab untuk seluruh golongan dan lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air.

“Setelah dilantik bulan Oktober nanti, kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh rakyat Indonesia,” ujar Jokowi.

Baca juga: Keputusan KPU, PDI Perjuangan Pemenang Pemilu 2019

Sebelumnya, KH Ma’ruf Amin menyatakan rasa syukurnya terhadap hasil pengumuman KPU bahwa pemenang Pilpres 2019 adalah Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Alhamdulillah tahapan satu sudah selesai, penetapan, tetapi kan harus menunggu apakah ada gugatan apa tidak. Mudah-mudahan nanti kalau tidak gugatan, maka ditetapkan. Kita masih menunggu,” kata Kiai Ma’ruf.

Soal saksi kubu Prabowo-Sandi yang menolak untuk menandatangani hasil pemilu presiden, Kiai Ma’ruf mengatakan bahwa yang menentukan sah tidaknya hasil itu adalah KPU dan Bawaslu.

Baginya, hasil itu akan sah sepanjang ditetapkan oleh lembaga penyelenggara pemilu. “Tinggal nunggu gugatan, kemudian juga berarti gimana sampai tanggal 24 Mei, ditunggu lagi. Mudah-mudahan semuanya lancar ya,” harapnya.

KPU menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional untuk pilpres 2019 dalam sidang pleno pada Selaea (21/5/2019) dini hari.

Hasilnya, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang atas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jumlah perolehan suara Jokowi-Ma’ruf mencapai 85.607.362 atau 55,50 persen.

Sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen. Selisih suara kedua pasangan mencapai 16.957.123 atau 11 persen. (goek)